Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Okupansi Hotel Terus Mengalami Peningkatan saat Libur Natal dan Tahun Baru

Okupansi atau tingkat hunian sejumlah hotel di Indonesia mengalami peningkatan jelang akhir 2021.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Okupansi Hotel Terus Mengalami Peningkatan saat Libur Natal dan Tahun Baru
ist
Logo PT Hotel Indonesia Natour (Persero) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Okupansi atau tingkat hunian sejumlah hotel di Indonesia mengalami peningkatan jelang akhir 2021.

PT Hotel Indonesia Natour (Persero) mengungkapkan, hal tersebut terjadi efek meningkatnya wisatawan yang melakukan liburan menyambut Natal dan Tahun Baru 2022.




Sebagai informasi, Hotel Indonesia Natour merupakan perusahaan pelat merah yang bergerak dalam penyediaan akomodasi (hotel/penginapan), makanan, dan minuman.

Baca juga: Terinspirasi Tari Barong, Grup Hotel Internasional Ini Operasikan Resor Baru di Nusa Dua

Berdasarkan keterangan yang diperoleh Perseroan, hingga minggu ketiga Desember 2021, tingkat okupansi hotel anak perusahaan Hotel Indonesia Natour mencapai rata-rata 68 persen.

Angka tersebut jauh meningkat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya, yang rata-rata sekitar 40 persen.

“Okupansi jaringan hotel anak perusahaan Hotel Indonesia Natour melalui Hotel Indonesia Group yang  berada di berbagai kota dan destinasi mengalami peningkatan okupansi,” ungkap keterangan Public Relation Hotel Indonesia Natour, Minggu (26/12/2021).

BERITA TERKAIT

Akhir tahun memang selalu menjadi kesempatan masyarakat atau wisatawan untuk merayakan Natal dan sekaligus menyambut momentum pergantian akhir tahun.

Namun demikian, Hotel Indonesia Natour mencatat, peningkatan hunian hotel atau okupansi rate sangat dipengaruhi oleh daerah atau lokasi hotel berada.

Tak cuma itu, okupansi rate sangat dipengaruhi terhadap pola atau kebiasaan yang dilakukan oleh wisatawan dalam melakukan kunjungan ke/di destinasi tertentu.

Daerah destinasi wisata utama, seperti Bali merupakan beberapa destinasi yang diminati oleh wisatawan untuk merayakan momentum pergantian akhir tahun.

Baca juga: Hal-hal yang Harus Ditaati Selama Menjalani Karantina di Hotel

Hotel-hotel di Bali biasanya terus mengalami tren peningkatan okupansi hingga saat tibanya periode pergantian akhir tahun.

Khusus hotel yang berada di bawah kelolaan Hotel Indonesia Natour, Perseroan memastikan semua kegiatan di hotel mengacu ke protokol kesehatan dengan SOP CHSE (cleanliness, health, safety, and environmentally sustainable) secara ketat, serta pemberlakuan ketentuan aplikasi Peduli Lindungi bagi para tamu dan pengunjung hotel.

“Protokol kesehatan tersebut diimplementasikan dengan disiplin untuk tamu, para karyawan, dan siapa saja yang memasuki area hotel,” pungkas keterangan Hotel Indonesia Natour. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas