Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Inflasi Rendah, Warga RI Dinilai Masih Berhemat Gara-gara Pandemi

Inflasi di bawah 2 persen masih cukup rendah. Mengingat, saat ini konsumsi dari masyarakat pasca pemulihan ekonomi juga masih di bawah target

Penulis: Yanuar Riezqi Yovanda
Editor: Sanusi
zoom-in Inflasi Rendah, Warga RI Dinilai Masih Berhemat Gara-gara Pandemi
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Secara tahunan, inflasi di Indonesia tercatat naik 1,87 persen di akhir 2021 atau lebih tinggi dari capaian tahun sebelumnya 1,75 persen.

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan, angka tersebut masih tergolong rendah.

Baca juga: Daya Beli Pulih, Inflasi 2021 Capai 1,87 Persen




"Inflasi masih berada di bawah 2 persen masih cukup rendah. Mengingat, saat ini konsumsi dari masyarakat pasca pemulihan ekonomi juga masih di bawah target kami," ujar dia melalui risetnya, Selasa (4/1/2022).

Menurut Nico, warga Indonesia cenderung masih berhemat dengan tetap rendahnya inflasi di sepanjang 2021 gara-gara status pandemi Covid-19 belum hilang, ditambah lagi ada varian Omicron.

Baca juga: Bank Indonesia Prediksi Inflasi 2021 Sebesar 1,9 Persen

"Antisipasi masyarakat terhadap pengeluaran masih cukup besar. Mengingat, saat ini pandemi masih belum usai dan varian Omicron turut menyelimuti pemulihan dari daya beli tersebut," katanya.

Kendati demikian, inflasi Desember 2021 lebih tinggi baik secara bulanan maupun tahunan, mengindikasikan adanya permintaan yang naik.

BERITA TERKAIT

"Secara bulanan, inflasi Desember tumbuh 0,57 persen dibanding bulan sebelumnya, capaian tersebut lebih tinggi dari proyeksi kami yang berada di 0,5 persen. Tingginya antusias masyarakat menyambut momentum Natal dan tahun baru menjadi trigger naiknya inflasi di akhir tahun," pungkas Nico.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas