Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pengamat: LRT Jabodebek Jangan Sampai Menimbulkan Kanibalisme Layanan KRL

Menurut Agus Pambagio jalur yang dilayani oleh LRT Jabodebek ini satu arah dengan jalur KRL yang ini dapat menimbulkan kanibalisme penumpang KRL

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Pengamat: LRT Jabodebek Jangan Sampai Menimbulkan Kanibalisme Layanan KRL
Tribunnews/JEPRIMA
Rangkaian kereta Light Rail Transit (LRT) Jabodebek saat terparkir di kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Sabtu (1/1/2022). Operasional LRT Jabodebek tanpa masinis atau bergerak otomatis direncanakan akan diuji coba terbatas pada Juni 2022. Selanjutnya, uji coba akan diteruskan hingga peresmian yang dijadwalkan pada 17 Agustus 2022. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat kebijakan publik Agus Pambagio menilai, pembangunan Light Rapid Transit (LRT) Jabodebek jangan sampai menimbulkan kanibalisme untuk transportasi lain seperti Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek.

Menurut Agus Pambagio jalur yang dilayani oleh LRT Jabodebek ini satu arah dengan jalur KRL yang ini dapat menimbulkan kanibalisme penumpang KRL.




"Jika dilihat jalur LRT Jabodebek ini mirip dengan KRL Jabodetabek, berpotensi menimbulkan kanibalisme penumpang nantinya," kata Agus, Kamis (20/1/2022).

Baca juga: LRT Jabodebek Masih Bisa Beroperasi Meski Listrik Padam

Ia juga beranggapan, ini tentunya harus dievaluasi mengenai hal tersebut dan jangan sampai layanan KRL menimbulkan kanibalisme karena subsidinya besar untuk kereta.

"Selain itu, untuk menarik minat masyarakat dari angkutan pribadi ke LRT Jabodebek juga harus diperhitungkan layanan sarana dan prasarananya," ucap Agus.

Salah satunya, lanjut Agus, seperti tempat parkir yang memadai untuk masyarakat karena itu akan dipertanyakan. Selain itu akses menuju stasiun juga akan menjadi pertanyaan untuk masyarakat untuk menggunakan LRT Jabodebek.

BERITA TERKAIT

"Jangan sampai, tidak ada tempat parkir yang memadai akhirnya menimbulkan lahan parkir yang berantakan seperti di wilayah Depok yang bermunculan gedung parkir," kata Agus.

Baca juga: LRT Jakarta Siap Ujicoba Kereta Otomatis Tanpa Masinis di Juni 2022

Kemudian terkait stasiun, menurut Agus, letaknya yang berada di atas tentunya harus diperhitungkan bagaimana akses masyarakat menuju stasiun.

Sebagai informasi LRT Jabodebek sendiri diproyeksikan akan beroperasi pada Agustus 2022. LRT Jabodebek ini akan memiliki 17 stasiun dan 1 stasiun yang terkoneksi kereta cepat Jakarta-Bandung.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas