Tribun Bisnis

Singtel dan Grab Beli Saham Bank Fama International, Masing-masing Pegang 16,3 Persen

Singtel bersama dengan perusahaan layanan transportasi online Grab membeli saham PT Bank Fama International,

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Sanusi
zoom-in Singtel dan Grab Beli Saham Bank Fama International, Masing-masing Pegang 16,3 Persen
Kompas.com
Ilustrasi. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Perusahaan telekomunikasi terbesar di Asia Tenggara Singapore Telecommunications Limited atau Singtel bersama dengan perusahaan layanan transportasi online Grab membeli saham PT Bank Fama International, masing-masing sebesar 16,3 persen.

Dikutip dari laman reuters.com (21/01/2022) pemilik saham mayoritas Bank Fama International, Elang Mahkota Teknologi Tbk atau EMTEK mengatakan telah menjual sahamnya ke unit Singtel dan Grab untuk mempercepat dan memperluas pertumbuhan bisnis Bank Fama.

Baca juga: 7 Jurus BSI Untuk Dongkrak Akselerasi Perbankan Syariah

Dalam sebuah pernyataan, EMTEK mengatakan setelah penerbitan saham selesai, pihaknya akan memegang saham Bank Fama sebesar 62,76 persen sedangkan perusahaan lain akan memiliki saham di bawah 5 persen.

Singtel dan Grab masing-masing mengeluarkan biaya sebesar Rp 500 miliar atau 35 juta dolar AS atas saham mereka. EMTEK sendiri diketahui memiliki saham di Bank Fama melalui unit yang mereka miliki sepenuhnya.

Baca juga: 1.400 Karyawan Bank KB Bukopin Mengundurkan Diri, Ini Penjelasan Manajemen

Grab selain berfokus pada transportasi online juga melakukan pelayanan pengantaran makanan dan pembayaran yang dapat dilakukan melalui aplikasi mobile. Perusahaan ini bermarkas di Singapura dan dari bisnis jasa keuangan yang berkembang pesat, mengkonfirmasi telah membeli saham minoritas di Bank Fama.

Teknologi konsumen regional berkembang di Indonesia, dan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, dengan menjadi rumah bagi 1.500 sebagian besar bank pedesaan yang beroperasi di negeri yang berpendudukan sekitar 270 juta orang.

Tahun lalu, platform e-commerce Shopee juga diketahui membeli sebuah bank di Indonesia sementara perusahaan layanan transportasi online dan pembayaran Gojek membeli saham di Bank Jago.

Singtel sendiri, sebagai perusahaan yang telah berkembang di luar bisnis telekomunikasi memiliki usaha patungan perbankan digital di Singapura dengan Grab. Usaha patungan ini juga telah mengajukan lisesnsi perbankan digital di Malaysia.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas