Tribun Bisnis

Mulai Akhir Januari, Amerika Serikat akan Hentikan Penerbangan Menuju China

Mulai akhir Januari 2022 nanti Pemerintah Amerika Serikat akan menghentikan total 44 penerbangan dari AS menuju China.

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Muhammad Zulfikar
Mulai Akhir Januari, Amerika Serikat akan Hentikan Penerbangan Menuju China
IST
Mulai Akhir Januari, Amerika Serikat akan Hentikan Penerbangan Menuju China 

Laporan Wartawan Tribunnews, Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Mulai akhir Januari 2022 nanti Pemerintah Amerika Serikat akan menghentikan total 44 penerbangan dari AS menuju China.

Langkah ini diambil sebagai tanggapan atas keputusan pemerintah China untuk menghentikan beberapa penerbangan maskapai AS karena kekhawatiran COVID-19.

Dilansir dari situs Newsdelivers.com pada Sabtu (22/1/2022), penghentian ini akan dimulai untuk penerbangan dari Los Angeles ke Xiamen dengan maskapai Xiamen Airlines yang berlangsung hingga 29 Maret 2022” kata Departemen Transportasi AS.

Baca juga: Maskapai AS: Layanan 5G di Bandara Berdampak Kecil Pada Operasional Penerbangan

Kemudian beberapa maskapai asal negeri tirai bambu yang akan dihentikan antara lain, Xiamen, Air China, China Southern Airlines dan China Eastern Airlines.

Sebelumnya, sejak 31 Desember 2021 lalu, pihak otoritas China telah menghentikan 20 penerbangan United Airlines, 10 American Airlines, dan 14 Delta Air Lines, setelah ditemukan beberapa penumpang dinyatakan positif COVID-19.

Departemen Perhubungan AS mengatakan, bahwa pemerintah Cina telah mengumumkan pembatalan penerbangan baru dari AS.

Liu Pengyu, juru bicara Kedutaan Besar China di Washington, mengatakan kebijakan untuk penerbangan internasional yang memasuki China telah dilakukan dengan sama untuk maskapai China dan maskapai asing secara terbuka dan transparan.

Baca juga: Balas Tindakan China, AS Tangguhkan 44 Penerbangan oleh Empat Maskapai China

“Langkah AS benar-benar tidak masuk akal. Kami mendesak pihak AS untuk berhenti mengganggu dan membatasi penerbangan penumpang oleh maskapai China,” kata Pengyu.

Kemudian, Airlines for America sebuah perwakilan dari tiga kelompok maskapai perdagangan yang terkena dampak dari China mengatakan pihaknya mendukung tindakan Washington untuk memastikan perlakuan yang adil terhadap maskapai AS di pasar China.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas