Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Halim Ditutup, 49 Unit Operasional Pesawat Dialihkan ke Soekarno-Hatta

Operasional pesawat komersial sebanyak 67 unit telah dipindahkan ke bandara penerima sejak 22-25 Januari 2022.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Halim Ditutup, 49 Unit Operasional Pesawat Dialihkan ke Soekarno-Hatta
dok Angkasa Pura II
Bandara Halim Perdanakusuma 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, mulai hari ini resmi ditutup sementara dalam rangka revitalisasi sesuai Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2022.

President Director of AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, seiring ditutupnya Bandara Perdanakusuma secara sementara, maka operasional pesawat komersial sebanyak 67 unit telah dipindahkan ke bandara penerima sejak 22-25 Januari 2022.

Menurutnya, pesawat komersial terakhir yang berpindah dari Bandara Halim Perdanakusuma adalah N881SG - Boeing Business Jet (BBJ) yang lepas landas sekitar pukul 23.36 WIB menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Citilink Pindahkan Penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Soetta

“Skenario perpindahan pesawat komersial dari Bandara Halim Perdanakusuma ke bandara penerima berjalan sangat lancar," ujar Awaluddin, Rabu (26/1/2022).

Ia menyebut, bandara yang paling banyak menerima perpindahan pesawat maskapai niaga berjadwal dan tidak berjadwal yaitu Bandara Soekarno-Hatta, sebanyak 7 unit pesawat maskapai niaga berjadwal dan 42 unit pesawat maskapai niaga tidak berjadwal.

“Bandara Soekarno-Hatta memiliki parking stand yang bisa untuk memarkir hingga 270 unit pesawat, sehingga kapasitas sangat siap untuk menerima kepindahan pesawat dari Bandara Halim Perdanakusuma," paparnya.

Baca juga: Bandara Halim Direvitalisasi, Citilink Alihkan Operasional Sementara ke Soetta Mulai 26 Januari 2022

BERITA TERKAIT

Awaluddin mengatakan, koordinasi dengan maskapai tentunya sudah dilakukan terkait penempatan pesawat dan juga terminal penumpang pesawat.

"Melalui perpindahan pesawat ini, Bandara Soekarno-Hatta dapat mendukung revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma sekaligus memastikan konektivitas penerbangan nasional tetap terjaga," tutur Awaluddin.

Adapun keberangkatan penumpang untuk penerbangan niaga tidak berjadwal di Bandara Soekarno-Hatta akan dilakukan melalui Commercial Important Person (CIP) Lounge yang terletak di area gedung Terminal 1.

Baca juga: Bandara Halim Perdanakusuma Akan Ditutup Sementara Mulai 26 Januari 2022 untuk Revitalisasi

CIP Lounge sendiri dikelola oleh PT Angkasa Pura Solusi dengan fasilitas antara lain executive lounge, meeting room, dining room, praying room, co-working desk, airside transfer to aircraft dan airside transfer from aircraft.

Sementara itu, penerbangan niaga berjadwal Batik Air dan Citilink yang sebelumnya dioperasikan di Bandara Halim Perdanakusuma saat ini mulai beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta.

Batik Air beroperasi di Terminal 2E, sementara itu Citilink beroperasi di Terminal 3.

Seiring dengan ditutupnya Bandara Halim Perdanakusuma untuk sementara waktu dalam rangka revitalisasi, penerbangan VVIP dan VIP kini juga dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta.

Bandara Soekarno-Hatta sendiri memiliki Terminal VIP yang berada di kawasan Terminal 3 yang antara lain difungsikan untuk melayani penerbangan tamu kenegaraan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas