Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Imbas Perang Rusia dan Ukraina, Hubungan Aeroflot dan Manchester United Terancam Bubar

maskapai Aeroflot yang menjadi sponsor tim sepakbola Manchester United ini dijatuhi sanksi setelah Rusia menyatakan perang terhadap Ukraina.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Sanusi
zoom-in Imbas Perang Rusia dan Ukraina, Hubungan Aeroflot dan Manchester United Terancam Bubar
AFP/PAUL ELLIS
Gelandang Manchester United asal Brasil Fred (tengah) merayakan setelah mencetak gol ketiga timnya selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Leeds United dan Manchester United di Elland Road di Leeds, Inggris utara pada 20 Februari 2022. (Photo by Paul ELLIS / AFP) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Inggris melarang maskapai Aeroflot untuk masuk ke wilayahnya, menyusul adanya sanksi yang dijatuhkan oleh Perdana Menteri Boris Johnson kepada Rusia.

Menurut laporan situs Mirror pada Jumat (25/2/2022), maskapai Aeroflot yang menjadi sponsor tim sepakbola Manchester United ini dijatuhi sanksi setelah Rusia menyatakan perang terhadap Ukraina.

Aeroflot sendiri sudah menjadi sponsor tim Manchester United sejak 2013, tetapi setelah Rusia menyatakan perang dengan Ukraina hubungan itu sepertinya akan berakhir.

Baca juga: Daftar Sanksi AS Terhadap Rusia: Keuangan, Pertahanan hingga Teknologi

Perjanjian kerja sama antara Manchester United dengan Aeroflot sebetulnya berakhir pada 2023 atau musim panas nanti.

Kemudian pada kabar terbaru, CEO baru Manchester United yaitu Richard Arnold yang menggantikan Ed Woodward dikabarkan tidak akan memperbarui perjanjian kerja sama dengan Aeroflot.

Baca juga: Ancaman Sanksi Meluas, Akankah China Jadi Penopang Ekonomi Rusia?

Dalam melakoni laga Liga Champions ke Atletico Madrid, United diketahui tidak menggunakan maskapai Aeroflot untuk melakukan perjalanan.

Demonstran memprotes invasi Rusia ke Ukraina di lingkungan Studio City di Los Angeles, California pada 24 Februari 2022. (Photo by Robyn Beck / AFP)
Demonstran memprotes invasi Rusia ke Ukraina di lingkungan Studio City di Los Angeles, California pada 24 Februari 2022. (Photo by Robyn Beck / AFP) (AFP/ROBYN BECK)
BERITA TERKAIT

United memilih menggunakan maskapai asal Inggris yaitu Titan untuk membawa para pemain ke Atletico Madrid. Ini menjadi pertanda bahwa United akan mengganti Aeroflot dengan maskapai lain.

Alasan United tidak menggunakan maskapai Aeroflot, karena mewaspadai potensi kerusakan citra dan daya tarik komersial klub jika terus dikaitkan dengan Aeroflot.

Pemerintah Amerika Serikat juga memutuskan untuk mengeluarkan sanksi terhadap perusahaan-perusahaan Rusia, termasuk melarang Aeroflot memasuki negara itu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas