Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Selain Hemat Air, Cuci Piring Pakai Dishwasher Ini Juga Lebih Irit Daya Listrik

Orang akan cenderung memilih perangkat home appliances yang lebih irit daya, hasil banyak dan juga tidak bikin kantong bolong. 

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Selain Hemat Air, Cuci Piring Pakai Dishwasher Ini Juga Lebih Irit Daya Listrik
ist
Martino Arlandi, Sales Manager, Bosch Home Appliances Indonesia dalam diskusi virtual membedah 3 seri perangkat dishwasher terbaru Bosch 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Masyarakat urban biasanya sangat peduli pada gaya hidup yang lebih hemat energi dan lebih ramah lingkungan, misalnya saat mencuci piring di dapur. 

Orang akan cenderung memilih perangkat home appliances yang lebih irit daya, hasil banyak dan juga tidak bikin kantong bolong. 

“Pandemi selama dua tahun terakhir telah mengubah perilaku masyarakat. Kegiatan kian tersentralisasi di rumah, tak terkecuali aktivitas berkaitan dengan konsumsi seperti makan, minum, mencamil bahkan memasak. Ini membuat piring kotor di dapur terus menumpuk. Mencuci piring yang kerap dianggap sebagai beban pun semakin terasa berat untuk dituntaskan,” ujar Martino Arlandi, Sales Manager, Bosch Home Appliances Indonesia dalam diskusi virtual membedah 3 seri perangkat dishwasher terbaru Bosch dengan media, baru-baru ini.

Baca juga: Hindari Mencuci Mobil dengan Air Hujan, Bikin Cat Bodi Cepat Rusak

Dia menjelaskan, dengan menggunakan dishwasher, waktu untuk mencuci piring bisa dioptimalkan untuk menjalankan aktivitas lainnya. Misalnya, menemani anak belajar daring, quality time dengan keluarga, atau work from home. 

Dia menjelaskan, mencuci piring dengan tangan memerlukan 60 liter air, sementara Dishwasher Bosch hanya perlu 10 liter air berdasar hasil uji internal. "Mencuci piring manual umumnya dilakukan di bawah air mengalir yang akan terbuang percuma," kata dia. 

Menurutnya, perangkat ini dirancang hemat energi sehingga satu kali siklus pencucian menggunakan dishwasher hanya membutuhkan 1,02 kWH atau setara dengan Rp 1.474. "Lebih murah dari jajan gorengan,” ujar Martino dengan menggunakan asumsi tarif dasar listrik Rp 1.444,70 per kWh. 

BERITA REKOMENDASI

Perangkat ini dilengkapi mode Eco yang memungkinkan nilai konsumsi listrik jadi lebih rendah lagi dan terdiri dari tiga tipe: built-in, freestanding dan tabletop.

Baca juga: Asupan Gizi Seimbang untuk Cegah Stunting, Dimulai dari Porsi Isi Piring

Dia menjelaskan, untuk jenis built -in memiliki tampilan seamless yang menyatu dengan interior kabinet dapur. Sementara, untuk yang suka fleksibilitas, tipe freestanding bisa menjadi pilihan karena mudah ditempatkan di berbagai sudut ruangan dapur. "Misalnya di bawah counter top ataupun space kosong lainnya,” jelas Martino.  

Sementara, untuk ukuran yang compact dengan tinggi 45cm x lebar 55cm x kedalaman 50cm lebih sesuai bagi pemilik dapur terbatas seperti mereka yang tinggal di apartemen atau untuk keluarga muda. 

Untuk diswasher kategori compact sudah diluncurkan perdana di Indonesia pada awal 2022.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas