Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pemerintah Dinilai Tak Berdaya Kendalikan Harga Pangan

Anggota Komisi IV DPR Hermanto menilai pemerintah tidak berdaya mengontrol dan mengendalikan harga pangan yang kini mengalami lonjakan.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
zoom-in Pemerintah Dinilai Tak Berdaya Kendalikan Harga Pangan
WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
MINYAK GORENG - Warga sedang antri saat membeli minyak goreng yang digelar Operasi Pasar Minyak Goreng di Kelurahan Pondok Jagung Timur, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Kamis (10/2/2022). Minyak goreng dijual Rp 14 Ribu/liter dan pembelian dibatasi 1 liter per orang. WARTA KOTA/NUR ICHSAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi IV DPR Hermanto menilai pemerintah tidak berdaya mengontrol dan mengendalikan harga pangan yang kini mengalami lonjakan.

“Kenaikan harga minyak goreng belum juga mampu diatasi, sudah disusul dengan kenaikan harga kedelai, daging sapi, cabai, bawang dan gas,” papar Hermanto, Senin (7/3/2022).

Baca juga: Stok Cabai di Kebumen dan Banjarnegara Jelang HBKN Aman

Menurutnya, para pelaku pasar seperti menahan stok barang, sehingga menjadi langka dan akhirnya harga pangan mengalami kenaikan.

"Hal ini tentu sangat merugikan rakyat yang mengalami penurunan daya beli karena penghasilan tidak naik,” ucapnya.

"Pemerintah mestinya mengambil tindakan tegas kepada para pelaku penimbunan barang dan menahan masuknya komoditas ke pasar,” sambung Hermanto.

Baca juga: Kemendag Pastikan Stok Tempe dan Tahu Aman saat Puasa, tapi Harga Diprediksi Naik

Hermanto menyebut, kenaikan berbagai komoditas pangan dan energi secara masif merupakan indikasi akan terjadi inflasi kedepan.

BERITA TERKAIT

“Pemerintah harus bekerja ekstra keras dalam melakukan pengawasan. Selain itu lakukan operasi pasar secara efektif dan efisien,” ucapnya.

Apalagi, kata Hermanto, tidak lama lagi akan memasuki bulan puasa yang mana masyarakat butuh ketenangan dalam menjalankan ibadah puasa.

"Pemerintah wajib memberikan ketenangan tersebut dengan mengupayakan harga pangan yang terjangkau,” tuturnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas