Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pembangunan Perumahan di BSD Akan Menginspirasi pada BSD

Pembangunan perumahan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bakal mengambil inspirasi dari Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang Selatan.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Pembangunan Perumahan di BSD Akan Menginspirasi pada BSD
Biro Pers Sekretariat Presiden/AGUS SUPARTO
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkemah di Ibu Kota Negara (IKN), Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022)/Biro Pers Sekretariat Presiden/AGUS SUPARTO 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Pembangunan perumahan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bakal mengambil inspirasi dari Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang Selatan.

Saat ini Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melaksanakan studi banding ke BSD City.

Studi banding ini dilakukan pada Selasa (15/3/2022). bertujuan dalam mempelajari konsep pengembangan dan pembangunan kawasan perumahan proyek yang dikembangkan Sinarmas Land tersebut.

Baca juga: Kejaksaan Agung Dukung Bambang Susantono dalam Perumusan Struktur Organisasi Otorita IKN




Dengan begitu, nantinya diterapkan di IKN Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan, rombongan yang datang itu terdiri dari para pejabat maupun tim yang tergabung dalam penyusunan perencanaan perumahan IKN Nusantara.

“Kami melakukan studi banding ke Sinasmas Land untuk mempelajari beberapa konsep dan strategi serta desain pengembangan yang telah dilaksanakan di BSD City,” ujar Iwan dikutip dari rilis, Rabu (16/3/2022).

Baca juga: Kemendikbudristek: Pembahasan RUU Sisdiknas Bakal Minta Masukan Perguruan Tinggi

Iwan berpendapat, pengembangan dan pembangunan kawasan perumahan dan permukiman milik Sinarmas Land ini sangat baik dan bisa dilaksanakan di daerah lain.

BERITA TERKAIT

Oleh sebabnya, dibutuhkan koordinasi yang baik antara Sinarmas Land dengan pemerintah pusat maupun daerah.

Nantinya, hal ini akan mewujudkan tertatanya lingkungan sekaligus membuat masyarakat yang tinggal di IKN Nusantara dapat hidup dengan aman dan nyaman.

Iwan menambahkan, Sinarmas Land menyesuaikan pembangunan sesuai dengan kontur alam serta menjaga kelestarian lingkungan dengan baik.

Baca juga: Menengok Sumur Binong di Bekasi, yang Air dan Tanahnya Turut Dibawa ke IKN Nusantara

Pengembangan kawasannya ini mendorong pemanfaatan teknologi informasi, juga didukung dengan pelestarian keragaman sosial budaya lokal yang ada.

Hingga akhirnya, hasilnya dapat menciptakan kawasan tersebut semakin maju dan menarik minat para investor untuk membenamkan modalnya di daerah itu.

“Kami cukup mendapatkan informasi yang baik dari SInarmas Land dan kiranya sangat bermanfaat bagi Ditjen Perumahan dalam rangka mempersiapkan, khususnya perencanaan dan pengelolaan perumahan yang akan kita kembangkan di IKN ke depannya,” pungkas dia.

Para pejabat maupun tim penyusunan perumahan IKN Ditjen Perumahan meninjau proyek BSD Green Office Park seperti Gedung Sinarmas Land Plaza, Gedung Green Office Park (GOP) 9, ruang pusat kendali atau command center Kawasan BSD, CityGrha Unilever, serta mal tanpa dinding, The Breeze. (Suhaiela Bahfein/Hilda B Alexander)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kembangkan Perumahan di IKN Nusantara, Pemerintah Jadikan BSD City Inspirasi

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas