Tribun Bisnis

Mudik Lebaran 2022

PUPR: Jalan Nasional dan Tol di Banten hingga Lampung Siap Buat Mudik Lebaran 2022

jelang lebaran, PUPR memastikan kesiapan jalan tol dan jalan nasional di Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan.

Penulis: Yanuar Riezqi Yovanda
Editor: Sanusi
zoom-in PUPR: Jalan Nasional dan Tol di Banten hingga Lampung Siap Buat Mudik Lebaran 2022
IST
Gerbang Tol Cikampek Utama 1. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menjelang mudik Lebaran 2022, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan kesiapan jalan tol dan jalan nasional di Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, di antara kesiapan tersebut adalah ruas jalan tol dan jalan nasional di Banten hingga ke Lampung.

Baca juga: Kemenhub: 335 Pesawat dari 11 Maskapai Siap Layani Pemudik Pada Periode Angkutan Lebaran 2022

"Sekarang ini sedang dilakukan upaya-upaya dalam persiapan mudik Lebaran. Dua pekan lalu, kami sudah mengumpulkan semua BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) setelah Bapak Presiden mengumumkan untuk memperbolehkan mudik," ujarnya mengutip siaran pers, Minggu (10/4/2022).

Semua Balai Jalan Kementerian PUPR juga sudah Basuki instruksikan untuk menyiapkan semua kesiapan di jalan nasional termasuk marka-marka jalan.

Baca juga: Jelang Mudik Lebaran, Berapa Tarif Tol Jakarta-Solo dan Jakarta-Surabaya? Ini Rinciannya

Lebih rinci, Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Banten, tengah mempersiapkan jalan nasional pada pelaksanaan mudik Lebaran 2022, terdiri dari jalan arteri primer sepanjang 112,36 kilometer (km) dengan kondisi mantap 92,49 persen dan jalan kolektor primer sepanjang 452,52 km dengan kondisi mantap 92,96 persen.

Sementara untuk Jalan Tol Jakarta-Merak secara prinsip dalam kondisi baik, hanya ada satu titik yaitu Jembatan Ciujung km 57 ruas Tangerang-Merak sedang ada pelebaran.

Adapun progres pelebaran tersebut sudah mencapai 94 persen dan ditargetkan bisa diselesaikan pada 10 April 2022 mendatang.

Kemudian untuk jalur mudik Lampung-Palembang, Jalan Tol Trans Sumatera yang telah beroperasi yaitu ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,41 km, Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung 189,40 km, dan Kayu Agung-Palembang-Betung (Kayu Agung-SS Kramasan) sepanjang 37,62 km.

Di samping jalan tol, Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Provinsi Lampung juga memastikan kondisi jalan nasional dalam keadaan baik.

Jalan Nasional Provinsi Lampung memiliki total panjang 1,292.25 km, terdiri dari lintas timur 285,96 km, lintas tengah 323,14 km, lintas barat 312,89 km, dan lintas penghubung 341,58 km.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas