Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

KAI Akan Kembali Uji Coba LRT Jabodetabek Agustus 2022

PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan kembali melakukan uji coba LRT Jabodetabek pada Agustus 2022 mendatang.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Sanusi
zoom-in KAI Akan Kembali Uji Coba LRT Jabodetabek Agustus 2022
Tribunnews/JEPRIMA
Rangkaian kereta listrik ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jabodebek saat uji beban di Jembatan Bentang Panjang yang berada di antara kawasan Kuningan dan Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Minggu (27/2/2022). Mulai Kamis (25/2) kemarin, LRT Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) telah memasuki fase uji beban untuk Bentang Panjang Kuningan. Uji beban di jembatan bentang sepanjang 148 meter yang diklaim terpanjang di dunia itu dilakukan dalam rangka memastikan kekuatan dan untuk mendapatkan sertifikat layak fungsi sebelum LRT Jabodebek beroperasi pada Agustus mendatang. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan kembali melakukan uji coba LRT Jabodetabek pada Agustus 2022 mendatang.

VP Public Relations PT KAI Joni Martinus mengatakan, LRT Jabodetabek akan soft launching pada 17 Agustus 2022 mendatang.

“Kami saat ini masuk dalam pengujian GoA (Grade of Automation) 3 pada lintasan pelayanan, dan LRT ini akan diuji coba secara otomatis,” ujar Joni, Senin (11/4/2022).

Baca juga: Semarak Imlek, LRT Jakarta Hadirkan Atraksi Barongsai On Train

Ia juga menyebutkan, tentunya uji coba akan ini mengutamakan kehati-hatian mengingat evaluasi insiden kecelakaan pada masa uji coba sebelumnya.

“Kami telah mempersiapkan strategi komprehensif dan mengembangkan protokol keselamatan yang ketat di seluruh proses pengujian hingga pengoperasian LRT nantinya," kata Joni.

Baca juga: Pengamat: LRT Jabodebek Jangan Sampai Menimbulkan Kanibalisme Layanan KRL

Upaya pencegahan tersebut, lanjut Joni, dengan melakukan serangkaian pengujian, pengecekan, dan perawatan yang dilakukan berkala oleh tenaga yang kompeten dan diawasi oleh para ahli di bidangnya.

BERITA REKOMENDASI

“Hal ini dilakukan mengingat LRT Jabodebek akan dioperasikan sistem secara otomatis,” kata Joni.

Walaupun diuji tanpa adanya masinis, Joni mengungkapkan, otomatisasi sistem yang bekerja dengan baik sesuai pemrograman akan dengan sendirinya menjamin keselamatan.

Sistem otomatis LRT yang terpadu ini terdiri dari dua komponen kunci, yaitu persinyalan dan telekomunikasi.

“Persinyalan akan mengatur jarak antar kereta, melakukan akselerasi dan pengereman secara otomatis. Sedangkan telekomunikasi yang mengatur komunikasi data, pengaturan suplai daya dan proteksi dari sisi kelistrikan,” ucap Joni.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas