Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Mitra AS dan Eropa Hapus Situs Web Peretas RaidForums

Otoritas Amerika Serikat (AS) dan Eropa melaporkan pada Selasa (12/4/2022) kemarin, telah menyita situs web populer RaidForums

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Sanusi
zoom-in Mitra AS dan Eropa Hapus Situs Web Peretas RaidForums
CSO
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Otoritas Amerika Serikat (AS) dan Eropa melaporkan pada Selasa (12/4/2022) kemarin, telah menyita situs web populer RaidForums, yang digunakan oleh peretas untuk membeli dan menjual data curian.

Selain menyita situs tersebut, AS juga membuka tuntutan terhadap pendiri serta kepala administrator situs RaidsForums, Diego Santos Coelho yang baru berusia 21 tahun.

Baca juga: Situs Penyewaan Properti Travelio Diduga Diretas, Data Pengguna Disebut Dipajang di RaidForums

Departemen Kehakiman AS (DOJ) mengungkapkan, Coelho yang berasal dari Portugal, ditangkap di Inggris pada 31 Januari lalu, dan sementara berada di dalam tahanan AS untuk diekstradisi agar bisa diadili di Pengadilan Distrik Timur Virginia.

DOJ juga mengatakan, telah memperoleh persetujuan pengadilan untuk menyita tiga nama domain yang berbeda, yang menghosting situs web RaidForums yaitu, raidforums.com, Rf.ws, dan Raid.lol.

Melansir dari Reuters.com, jenis data yang dijual di situs tersebut termasuk nomor rekening curian, informasi kartu kredit, kredensial login, hingga nomor jaminan sosial.

Dalam pernyataannya, Badan khusus Kriminalitas Uni Eropa (Europol) mengatakan situs web RaidForums telah disita dalam sebuah operasi yang membantu mengoordinaksikan penyelidikan oleh pihak berwenang dari AS, Inggris, Jerman, Swedia, Portugal dan Rumania atau yang dikenal sebagai “Operasi Tourniquet”.

Baca juga: Database KPAI dan Bank Jatim Diduga Bocor, Pakar Keamanan Siber Sebut Sudah Dijual di RaidForums

BERITA REKOMENDASI

Kepala Pusat Kejahatan Dunia Maya Eropa Europol, Edvardas ileris mengatakan menargetkan forum yang menampung data curian akan membuat pelaku kejahatan dunia maya menjadi waspada.

"Gangguan selalu menjadi teknik utama dalam beroperasi melawan pelaku ancaman online, jadi menargetkan forum yang menampung sejumlah besar data curian membuat penjahat tetap waspada," kata Edvardas ileris, dalam pernyataannya.

Selain Coelho, dua orang yang diduga kaki tangannya juga ikut ditangkap. Namun tidak ada informasi lebih lanjut mengenai penangkapan dua orang ini. Coelho akan menghadapi enam dakwaan termasuk konspirasi, penipuan akses perangkat dan pencurian identitas. Coelho diduga telah mengendalikan dan menjabat sebagai kepala administrator situs RaidForums sejak tahun 2015 hingga Januari 2022.

Dalam pernyataannya, DOJ mengatakan RaidForums mendapat keuntungan dengan mengenakan biaya tinggi untuk tingkat keanggotaan, dengan iming-iming akan mendapat akses dan fitur yang lebih besar.

"Untuk mendapatkan keuntungan dari aktivitas terlarang di platform, RaidForums membebankan kenaikan harga untuk tingkat keanggotaan yang menawarkan akses dan fitur yang lebih besar, termasuk status keanggotaan 'Tuhan' tingkat atas," kata DOJ.

Perusahaan pemantau kejahatan dunia maya, Hudson Rock menggambarkan RaidForums sebagai salah satu situs web kejahatan dunia maya global paling parah yang pernah ada dalam beberapa tahun terakhir.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas