Tribun Bisnis

Startup4Industry Langkah Nyata Kemenperin Kembangkan Startup Berbasis Teknologi

Startup4Industry merupakan langkah nyata untuk mengembangkan startup berbasis teknologi sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024

Penulis: Lita Febriani
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Startup4Industry Langkah Nyata Kemenperin Kembangkan Startup Berbasis Teknologi
Tribunnews.com/Lita Febriani
Screen capture pembukaan Startup4Industry. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menggelar kompetisi Startup4Industry di tahun kelima, Kementerian Perindustrian menyebut hal tersebut merupakan langkah nyata pengembangan startup berbasis teknologi di Tanah Air.

"Startup4Industry merupakan langkah nyata untuk mengembangkan startup berbasis teknologi sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024 dan Rencana Strategis Kementerian Perindustrian 2020-2024. Adapun program Startup4Industry tahun 2022 mengusung tema Inspiring Industry Transformation," tutur Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Reni Yanita, saat membuka acara, Selasa (19/4/2022).

Selama empat tahun penyelenggaraan, sudah ada 723 startup yang berpartisipasi dalam program Startup4Industry, dengan menghasilkan sebanyak 73 finalis, memfasilitasi 35 proyek implementasi transformasi teknologi, serta memfasilitasi 49 hubungan bisnis antara startup dan industri.

Baca juga: Kemenperin Gelar Startup4industry, Siap Tampilkan Solusi dari Berbagai Tech Startup Lokal

"Bahkan kami juga mengirimkan startup untuk mengikuti pameran di luar dan dalam negeri," imbuh Reni.

Program Startup4Industry 2022 juga digelar untuk menyebarkan semangat transformasi teknologi di industri dengan solusi dari tech startup Indonesia.

"Dengan berbagi success story, akan menginspirasi industri dan masyarakat untuk segera memulai perjalanan transformasi teknologi dengan tujuan akhir peningkatan daya saing, nilai tambah, serta efisiensi sektor industri," jelasnya.

Untuk memudahkan masyarakat dan industri menemukan startup yang sesuai dengan pemasalahan dan kebutuhannya, Kemenperin telah merancang Supermarket startup S4I Mart yang dapat diakses melalui www.startupforindustry.id atau www.startup4Industry.id.

"Harapan kami, Startup4Industry akan terus menjadi besar dan luas dengan ditopang oleh keaktifan teman-teman startup dalam ekosistem Startup4Industry," terang Reni.

Menurutnya, Startup4Industry akan menjadi kekuatan bersama tech startup, untuk menjaring inisiatif, program, terobosan, bahkan jejaring yang lebih luas sampai di tingkat global.

Baca juga: Kemenperin: Ada Monopoli Distribusi Minyak Goreng Curah Bersubsidi

Selaras dengan hal tersebut, dalam lima tahun ke depan, Startup4Industry berupaya membangun reputasi sebagai wadah penyedia teknologi yang terpercaya bagi industri dan masyarakat Indonesia dan bahkan sampai ke luar negeri," kata Reni.

Dirjen IKMA Kemenperin juga mengajak tech startup Indonesia untuk berpartisipasi dalam Kompetisi Startup4Industry 2022 dan menjadi inspirasi bagi Indonesia untuk bergerak menuju industri 4.0. 

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas