Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Dirut PLN Pastikan Stok Batubara untuk Pembangkit Listrik Aman Selama Periode Lebaran

Direktur Utama PT PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, hingga saat ini pasokan batubara aman, walaupun diketahui harga komoditas tersebut sedang naik

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Dirut PLN Pastikan Stok Batubara untuk Pembangkit Listrik Aman Selama Periode Lebaran
ist
Dirut PLN Pastikan Stok Batubara untuk Pembangkit Listrik Aman Selama Periode Lebaran 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menghadapi Lebaran 2022, PT PLN (Persero) memastikan pasokan batubara untuk pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) dalam kondisi aman. 

Direktur Utama PT PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, hingga saat ini pasokan batubara aman, walaupun diketahui harga komoditas tersebut sedang mengalami kenaikan. 




"Kami terus lakukan monitoring day to day, rata-rata stok batubara kami yang sempat mengalami krisis, saat ini di atas 21 hari, pasokan aman," kata Darmawan di PLTU Suralaya, Banten, Rabu (20/4/2022).

Baca juga: PLN Resmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Kepulauan Selayar

Menurutnya, seluruh tim PLN telah melakukan apel siaga secara menyeluruh dan para pimpinan di setiap provinsi menyampaikan siap menghadapi Lebaran 2022.

"Kami siap menghadapo Lebaran, agar Lebaran kali ini bisa berjalan lancar, listriknya andal, tidak ada gangguan tanpa ada pemadaman," papar Darmawan. 

Sebelumnya, pada awal tahun ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengungkapkan 20 Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) milik PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mengalami defisit pasokan batu bara.

Baca juga: Menteri BUMN Erick Thohir Sambangi Kantor Pusat PLN, Apa yang Dibicarakan?

BERITA TERKAIT

Kondisi ini membuat aliran listrik untuk 10 juta pelanggan PLN terancam padam. Sehingga, Kementerian ESDM saat ini mengeluarkan peraturan melarang ekspor batubara dalam waktu sebulan pada Januari 2022.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas