Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Sandiaga Uno: Side Event G20 Ciptakan 15 Ribu Lapangan Kerja Baru

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meluncurkan Side Event G20 Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Sandiaga Uno: Side Event G20 Ciptakan 15 Ribu Lapangan Kerja Baru
istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat peluncuran Side Event G20 Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama perwakilan negara G20 di Jakarta, Rabu (20/4/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meluncurkan Side Event G20 Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sandiaga menargetkan pembukaan 10 - 15 ribu lapangan kerja baru di Indonesia selama pelaksanaan presidensi G20 di Indonesia. Disampaikan Sandiaga usai melangsungkan pertemuan dengan perwakikan negara G20.

"Kita menyasar ke penciptaan lapangan kerja antara 10 ribu sampai 15 ribu lapangan kerja baru dengan side event," ujar Sandiaga saat peluncuran Side Event G20 Parekraf di Jakarta Pusat, Rabu (20/4/2022) malam.

Baca juga: Jika Rusia Tetap Diundang ke KTT G20, Negara Barat Ancam Walk-Out

Momen presidensi G20 di Indonesia, ucap Sandiaga, merupakan momentum sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bangkit. Selain itu, side event G20 diharapkan strategis untuk masuk tiga pilar utama yang ingin disampaikan Indonesia pada dunia.

"Tiga pilar tersebut yaitu tentang ekonomi hijau yang berbasis pada keberlanjutan, arsitektur kesehatan baru agar berbagai negara G20 bisa memperkuat arsitektur kesehatan, dan yang ketiga tentunya transformasi digital," kata Sandiaga.

Sandiaga memastikan Indonesia siap menyelenggarakan G20, siap untuk bangkit ekonominya, serta pemulihan sektor dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Baca juga: Menlu Retno Marsudi: Kanada Dukung Presidensi G20 Indonesia

BERITA TERKAIT

Kemenparekraf telah merancang sejumlah side event di beberapa daerah di Indonesia untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.

Beberapa side event tersebut seperti International Wellness Tourism Conference and Festival di Kota Solo pada Agustus mendatang.

International Wellness Tourism Conference and Festival merupakan konferensi dan pameran mengenai kekayaan potensi herbal Indonesia untuk pemanfaatan kesehatan, anti penuaan dini, olahraga yoga, serta makanan-makanan sehat yang dimiliki Indonesia.

Kemudian, Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) yang akan dilakukan roadshow ke 16 kabupaten-kota Indonesia.

Baca juga: Menkeu AS Sebut Biden Ingin Rusia Keluar dari G20: Agresi Rusia Bawa Dampak Ekonomi Sangat Besar

AKI adalah kegiatan yang mengupayakan pengembangan UMKM Indonesia dengan dilakukan bimbingan dan pembekalan melalui bootcamp bagi pelaku usaha kecil dan menengah tersebut.

"Nantinya pelaku UMKM yang terpilih akan melaksanakan pameran di 16 kabupaten-kota tersebut," ujar Sandiaga.

Selanjutnya akan dilaksanakan World Conference On Creative Economy ketiga yang akan diselenggarakan di Bali pada 5 hingga 7 Oktober.

Kegiatan ini pertama kali diselenggarakan di Bali pada 2018, di Dubai pada 2021, dan akan kembali ke Bali pada 2022.

Seluruh kegiatan side event tersebut kemudian akan menjadi satu dalam kegiatan utama G20 bidang Parekraf yaitu World Tourism Day yang akan dilaksanakan di Bali pada tanggal 27 September 2022.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas