Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Bangun Komunikasi ke Masyarakat, Pegadaian Optimalkan Media Digital

Pegadaian memaksimalkan platform digital untuk membangun engagement dengan masyarakat terutama para nasabah yang tersebar di kota hingga pelosok.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Bangun Komunikasi ke Masyarakat, Pegadaian Optimalkan Media Digital
ist
VP Corcomm PT Pegadaian Basuki Tri Andayani 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pegadaian memaksimalkan platform digital untuk membangun engagement dengan masyarakat terutama para nasabah yang tersebar di kota hingga pelosok.

Platform digital yang menjadi tulang punggungnya adalah website, sejumlah media sosial serta portal media online. 

“Sejak beberapa tahun terakhir PT Pegadaian terus mengotimalkan website, media sosial maupun media massa online sebagai sarana komunikasi kepada masyarakat. Optimalisasi media media digital ini sejalan dengan program transformasi yang dicanangkan oleh manajemen,” ujar VP Corcomm PT Pegadaian Basuki Tri Andayani saat menyampaikan glory speech di sela acara penyerahan penghargaan Top Digital PR Award 2022 di Jakarta baru-baru ini.

Baca juga: Sepuluh Yayasan Yatim Piatu dan Tuna Netra Terima Bantuan dan Alquran Braille dari Pegadaian

Basuki mengatakan ada dua agenda besar transformasi yang dilakukan perusahaannya, yakni transformasi digital dan kultural.

“Transformasi digital yang dilakukan oleh perusahaan dilakukan dalam rangka meningkatkan kecepatan, kenyamanan dan keakuratan proses bisnis baik di front office maupun back office," ungkap Basuki.

Begitu pula dengan kanal komunikasinya, perusahaan terus mengembangkan beragam aplikasi digital, media sosial maupun media online.

BERITA TERKAIT

Sementara itu, transformasi kutural dilakukan dengan terus melakukan internalisasi dan implementasi budaya AKHLAK dalam kehidupan sehari-hari.

AKHLAK merupakan budaya perusahaan BUMN maupun anak usaha BUMN yang merupakan akronim dari nilai-nilai Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif.

Founder dan CEO Infobrand Tri Raharjo mengatakan, penilaian Top Digital PR Award 2022 ini dilakukan dengan metode desk survey yang mengacu kepada media digital. Penilaian dilakukan pada bulan Desember 2021-Februari 2022, terhadap lebih dari 400-an anak perusahaan (subsidiary) BUMN di Indonesia.

Baca juga: Pegadaian di Bogor Mulai Ramai Diserbu Warga, Marketing: Tren Memang Begitu Jelang Ramadan

“Dewan juri memberikan penilaian berdasarkan 3 parameter yaitu Digital Media Aspect, Digital Sentiment Aspect, dan Digital Awareness Aspect. Dengan penilaian ini diharapkan mendorong agar para pemilik brand terus mengoptimalkan kanal komunikasi digital sebagai sarana membangun citra positif brand kepada masyarakat,” ujarnya.

Di ajang ini PT Pegadaian kembali meraih penghargaan Special Achievement for Subsidiary BUMN yang digelar virtual, Jumat (22/04/2022) atas publikasi yang dilakukan melalui media sosial maupun media online sepanjang 2021.

Menurut Basuki, penghargaan ini merupakan salah satu bukti komitmen perusahaan dalam menyukseskan program transformasi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas