Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kemarin Minus 4 Persen, IHSG Berpotensi Kena Trading Halt Hari Ini?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tercatat melemah hingga minus 4,4 persen pada perdagangan kemarin menuju level 6.909.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Kemarin Minus 4 Persen, IHSG Berpotensi Kena Trading Halt Hari Ini?
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Karyawan menunjukkan pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta Selatan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tercatat melemah hingga minus 4,4 persen pada perdagangan kemarin menuju level 6.909.

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan, ada peluang IHSG lanjutkan koreksi, bahkan hingga terkena penghentian perdagangan sementara atau trading halt karena minus 5 persen.




"Kemungkinan itu selalu ada. Namun, melihat data fundamental ekonomi Indonesia yang begitu luar biasa, seharusnya hal ini dapat mencegah potensi trading halt untuk terjadi," ujarnya melalui pesan singkat kepada Tribunnews.com, ditulis Selasa (10/5/2022).

Baca juga: IHSG Anjlok Usai Libur Lebaran, Saham-saham Bank Besar Juga Ambrol

Kendati demikian, dia memperkirakan IHSG tetap bisa kembali menguat ke level 7.000 lagi didorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di angka 5,01 persen kuartal I 2022.

"Mungkin saja, karena peluang penguatan IHSG terbuka lebar, didukung oleh fundamental ekonomi solid, dan kondisi fiskal yang kuat. Kalaupun ada potensi koreksi, mungkin akan terjadi secara jangka pendek," kata Nico.

Baca juga: IHSG Anjlok, Investor Lokal Dinilai Tak Mampu Menahan Aksi Jual Asing

Di sisi lain, dia menambahkan, hanya ada sedikit sektor saham yang masih bisa dalam zona positif di tengah kenaikan suku bunga bank sentral beberap negara.

BERITA TERKAIT

"Perbankan tentu menjadi salah satu sektor yang mendapatkan keuntungan," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas