Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

BPOLBF Siap Lahirkan Event Berkualitas dan Berkelanjutan Floratama

Ideathon sendiri merupakan program kompetisi ide yang dilaksanakan BPOLBF untuk menghasilkan ide-ide inovatif sekaligus menjadi prototipe

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in BPOLBF Siap Lahirkan Event Berkualitas dan Berkelanjutan Floratama
Reynas Abdila/Tribunnews.com
Konferensi pers Mentoring Stage Top 5 Event Ideas di Labuan Bajo. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) kembali menyelenggarakan program Ideathon.

Ideathon sendiri merupakan program kompetisi ide yang dilaksanakan BPOLBF untuk menghasilkan ide-ide inovatif sekaligus menjadi prototipe dalam hal pengelolaan event di Flores, Lembata, Alor, dan Bima (Floratama).

Dinas Pariwisata Manggarai Barat Chrispin Mesima menyampaikan kegiatan ini telah melalui beberapa rangkaian proses, mulai dari pembukaan pendaftaran program bagi khalayak umum, menyelenggarakan webinar, dan saat ini sampai pada tahap Mentoring Stage Top 5 Ideas.

Ia menjelaskan per tanggal 20 Mei 2022 Labuan Bajo mencatat tingkat kunjungan sebanyak 44.905 di mana jumlah ini cukup tinggi dibandingkan tahun 2021.

Baca juga: Pembangunan Ekowisata di Hutan Bowosie Labuan Bajo Diklaim Sudah Didukung Masyarakat Adat

“Penyelenggaraan MICE pun turut menyumbang sebagian besar dari jumlah ini, sehingga adanya Ideathon diharapkan dapat melahirkan event-event berkelas internasional dan berkelanjutan tidak hanya di Labuan Bajo tetapi juga di seluruh kawasan Flores, Lembata, Alor dan Bima,” ucap Chrispin dikutip Rabu (1/6/2022).

"Pergerakan Pariwisata saat ini sudah mulai naik kembali, tingkat kunjungan sampai dengan bulan Mei 2022 meningkat tinggi. Luar biasanya kenaikan tingkat kunjungan ini sebagian besar karena banyaknya penyelenggaraan MICE,” tambahnya.

BERITA TERKAIT

Dia berharap Floratama dapat menjadi tempat yang baik untuk terselenggaranya event-event yang berstandar Internasional.

Hal serupa juga disampaikan Direktur Utama BPOLBF, Shana Fatina.

Shana berharap dengan diselenggarakannya Ideathon 2022 para peserta dapat menciptakan event-event yang berkelanjutan dan bisa menjadi branding kawasan baik di Labuan Bajo maupun kawasan Floratama sehingga dapat mencapai skala World Class Event Destination.

Baca juga: Jelang Angkutan Lebaran 2022, Kemenhub Gelar Uji Petik di Pelabuhan Makassar dan Labuan Bajo

"Tentunya kita semua melihat event sebagai hal yang sangat penting, ini menjadi tantangan untuk kita semua agar bisa mencari event-event yang dapat menjadi branding kawasan seperti contohnya ada Moto GP di Mandalika dan event serupa," ujar Shana.

"Ini sebenarnya juga merupakan ekspetasi kita untuk menemukan ide-ide event dalam kegiatan Ideathon ini yang akan kita dorong skalanya menjadi World Class Event Destination," tambahnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas