Tribun Bisnis

Komitmen Jalankan Bisnis Keberlanjutan, Danone Menang di Ajang SBA Awards 2022

Danone Indonesia kembali meraih penghargaan dalam ajang Sustainable Business Award (SBA) Indonesia

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Sanusi
zoom-in Komitmen Jalankan Bisnis Keberlanjutan, Danone Menang di Ajang SBA Awards 2022
ist
Danone Indonesia kembali meraih penghargaan dalam ajang Sustainable Business Award (SBA) Indonesia yang diselenggarakan Kamis, 2 Juni 2022. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTADanone Indonesia kembali meraih penghargaan dalam ajang Sustainable Business Award (SBA) Indonesia yang diselenggarakan Kamis, 2 Juni 2022.

SBA merupakan sebuah ajang penghargaan yang memberikan pengakuan dan penghargaan tarhadap keunggulan dalam keberlanjutan perusahaan di lima negara yaitu Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, dan Thailand.

SBA bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan praktik terbaik bisnis berkelanjutan dan menunjukkan bagaimana bisnis berkelanjutan menguntungkan perusahaan, lingkungan, dan semua pemangku kepentingan, hari ini dan untuk masa depan.

Baca juga: KPPU Diminta Desak BPOM Batalkan Pelabelan BPA Air Kemasan Galon

Penghargaan SBA 2022 mencakup periode 2020/2021 dan Danone Indonesia berhasil keluar sebagai pemenang dalam kategori Manajemen Energi dan sebagai perusahaan dengan significant achievement untuk pengelolaan air; perubahan iklim dan emisi.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menekankan pentingnya peran perusahaan dalam aspek keberlanjutan seperti kontribusinya dalam perwujudan Sustainable Development Goals (SDGs) sangatlah penting.

Baca juga: Cleo Minta Pengusaha AMDK Kreatif dan Inovatif dalam Hadapi Rencana Pelabelan BPA

"Saya ingin menyampaikan apresiasi saya kepada Sustainable Business Awards dan seluruh perusahaan yang memainkan peran krusialnya dalam mewujudkan aspek keberlanjutan. Saya berharap bahwa seluruh perusahaan yang tergabung dalam komunitas ini, dapat memberikan contoh terbaiknya sebagai bentuk inspirasi kepada audiens yang lebih besar,” ujarnya.

Vera Galuh Sugijanto, VP General Secretary Danone Indonesia menyatakan bangga perusahaannya menjadi salah satu penerima penghargaan di ajang SBA 2022.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada para pemangku kepentingan yang terus mendukung Danone Indonesia di sepanjang perjalanan kami. Meskipun pandemi telah mempengaruhi semua orang di dunia, sebagai layanan penting yang menyediakan nutrisi dan hidrasi penting bagi kami untuk mempertahankan operasional kami namun juga melakukannya dengan mengutamakan kesehatan dan keselamatan di setiap aspek,” ujarnya.

Menurutnya, hal ini sejalan dengan visi perusahaan One Planet One Health yang berfokus menjalankan strategi bisnis keberlanjutan yang mengacu pada SDGs, maupun target tujuan pembangunan berkelanjutan yang ditetapkan pemerintah.

“Danone Indonesia berkomitmen menjaga keberlanjutan sumber daya air, mengelola kemasan pasca konsumsi, dan meminimalkan dampak penggunaan energi dalam operasional bisnisnya,” kata dia.

Ajang SBA 2022 diselenggarakan bekerja sama dengan PwC, metodologinya menggabungkan fitur terbaik dari proses benchmarking dan penghargaan secara global untuk memberikan gambaran akan penerapan strategi hijau dan keuntungan bisnis. Danone dianggap berhasil mengurangi konsumsi energinya melalui optimalisasi proses produksi, optimalisasi pengunaan, dan regenerasi peralatan.

Ketiga faktor tersebut merupakan kunci untuk mencapai target tahunan perusahaan dalam pengurangan energi sebesar 4 persen. Danone Indonesia juga berusaha untuk meningkatkan kesadaran energi di antara karyawan melalui ‘Blue Operation’, di mana pembahasan dan pelacakan KPI seputar topik energi dilakukan dalam pertemuan bulanan. Perusahaan juga berkomitmen memiliki 'Pabrik Hijau' untuk setiap situs baru yang dikembangkan, termasuk dengan pemasangan panel surya. Di luar langkah-langkah yang ada, Danone Indonesia terus meningkatkan efisiensi energi mereka dengan menggunakan bantuan 15 auditor energi bersertifikat.

Dalam hal pengelolaan air, perusahaan memiliki target untuk mencapai positive water impact di 2030 yang dipandu oleh tiga pilar, yakni melestarikan sumber daya air dan lingkungan alam, mendorong sirkulasi air di dalam dan di sekitar lokasi produksi, dan menyediakan air yang aman air minum bagi masyarakat rentan.

Salah satu tindakan khusus adalah pencatatan penggunaan/konsumsi air per pabrik, termasuk jumlah yang didaur ulang atau digunakan kembali dan di monitor oleh auditor eksternal. Sejak 2010 perusahaan membangun lebih dari 2.300 sumur resapan masyarakat, membangun lebih dari 90.000 lubang biofor, dan 8.100 parit serta membuat 74 fasilitas pemanen hujan dan bekerjasama dengan berbagai pihak terkait untuk membuka akses air bersih dan sanitasi (WASH) yang menjangkau lebih dari 463.000 orang.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas