Tribun Bisnis

Sukses 12 Tahun Bangun Gojek, Kevin Aluwi akan Jadi Komisaris GoTo

Kevin Aluwi sebagai Direktur PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, akan memperkuat jajaran dewan komisaris GoTo setelah 12 tahun terakhir membangun Gojek.

Editor: Content Writer
zoom-in Sukses 12 Tahun Bangun Gojek, Kevin Aluwi akan Jadi Komisaris GoTo
Doc. GoTo
Kevin Aluwi, Co-founder dan CEO Gojek sekaligus Direktur PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kevin Aluwi, Co-founder dan CEO Gojek sekaligus Direktur PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), akan memperkuat jajaran dewan komisaris GoTo setelah 12 tahun terakhir berhasil membangun Gojek dengan sukses.

Langkah Kevin ini juga selaras dengan William Tanuwijaya, founder Tokopedia, yang lebih dahulu menjadi Komisaris GoTo sejak tahun 2021.

Kevin akan mendedikasikan waktunya untuk mendukung manajemen GoTo dalam mencapai visi dan misinya untuk mendorong kemajuan bagi para pengguna dan mitra di dalam ekosistem GoTo, serta masyarakat di mana perusahaan beroperasi.

Setelah mendapat persetujuan pemegang saham, peran dan tanggung jawab Kevin sebagai CEO Gojek akan dipegang oleh Andre Soelistyo yang saat ini menjabat sebagai CEO GoTo.

“Saya sangat bangga dan bersyukur dapat membangun Gojek menjadi layanan on-demand terdepan yang digunakan jutaan masyarakat Indonesia dan Asia Tenggara,” kata Kevin Aluwi, Direktur GoTo sekaligus Co-Founder dan CEO Gojek dalam pernyataan resmi, Senin (6/6/2022).

Gojek didirikan pada 2010 oleh Kevin bersama-sama dengan Michaelangelo Moran dan Nadiem Makarim, yang saat ini menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, mendirikan Gojek. Kemudian pada 2021 bersama dengan Tokopedia bergabung membentuk GoTo, yang juga memiliki layanan teknologi keuangan atau financial technology (fintech) yang dijalankan oleh GoTo Financial (GTF) dengan e-wallet GoPay.

GoTo kini menjadi perusahaan dengan ekosistem digital terbesar di Indonesia. Transisi Kevin yang akan menjadi Komisaris GoTo akan dimintakan persetujuan pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPST) pada 28 Juni mendatang. 

Kevin telah membangun tim manajemen yang kuat di Gojek yang akan bekerja secara erat bersama Andre untuk menjalankan strategis bisnis on-demand GoTo. 

Kevin mengatakan, Gojek dipimpin oleh tim manajemen yang solid dan berpengalaman, berhasil mencetak kinerja yang menggembirakan dengan peningkatan pendapatan kotor sebesar 58 % di Q1-2022, yang antara lain didukung oleh pemulihan di bisnis mobilitas.

“Saya sangat optimistis mengenai masa depan Gojek, terlebih dengan terbentuknya GoTo tahun lalu dan tercatatnya GoTo sebagai perusahaan terbuka di BEI,” katanya. 

Dia menjelaskan bahwa setelah memimpin Gojek selama hampir satu dekade, ini merupakan waktu yang tepat baginya untuk mengambil peran baru dalam mendukung penguatan strategi dan pertumbuhan GoTo.

“Di saat yang sama, hal ini memungkinkan saya untuk mengejar passion saya untuk melahirkan berbagai inovasi teknologi untuk berkontribusi memajukan industri teknologi di Indonesia, Asia Tenggara dan dunia. Saya sangat ingin membangun teknologi yang bermanfaat yang dapat membuat dunia menjadi lebih baik. Area yang saat ini saya ingin kembangkan antara lain web3, gaming dan climate tech.” 

“Dalam kapasitas sebagai komisaris nanti, saya akan terus mendukung GoTo menghadirkan solusi teknologi bagi masyarakat luas, serta memberikan arahan strategis kepada manajemen untuk memastikan tercapainya visi dan misi perusahaan secara jangka panjang.”

Andre Soelistyo CEO GoTo menyampaikan apresiasinya atas kepemimpinan Kevin di Gojek selama ini.

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas