Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Gandeng BPBD, PT Pertamina EP Subang Field Lakukan Penguatan SDM untuk Risiko Bencana

PT Pertamina EP (PEP) Subang Field menggandeng BPBD untuk tingkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) tangani bencana.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Gandeng BPBD, PT Pertamina EP Subang Field Lakukan Penguatan SDM untuk Risiko Bencana
ist
Gandeng BPBD, PT Pertamina EP Subang Field Lakukan Penguatan SDM untuk Risiko Bencana. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pertamina EP (PEP) Subang Field menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk tingkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) tangani bencana.

Pjs Sr Manager PEP Subang Field Didik Setyawan mengatakan, Pertamina berkomitmen untuk mendukung usaha penanggulangan bencana yang dijalankan oleh BPBD Kabupaten Subang.

"Selain mendukung kegiatan pelatihan, perusahaan turut membantu penyediaan perlengkapan berupa tenda komando dan veldbed untuk persiapan operasional BPBD Subang dalam menghadapi bencana," ujarnya, Jumat (17/6/2022).

Baca juga: Direktur Utama Pertamina Positif Covid-19, Rapat Panja BUMN Energi Komisi VI Ditunda




 
Ia menjelaskan, pelatihan ini diikuti oleh kader tanggap bencana, relawan-relawan penanggulangan bencana se-Kabupaten Subang sebagai bentuk penguatan kapasitas SDM dalam menghadapi risiko kebencanaan di wilayah Kabupaten Subang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Subang, Asep Nuroni dalam sambutannya menyampaikan, berbagai hal harus disiapkan untuk mengantisipasi bencana, mencakup peraturan, peralatan, dan yang terpenting SDM.

"Ilmu manajemen bencana seperti yang dijelaskan pada pelatihan tersebut, akan terus berguna karena wilayah Indonesia masuk ke dalam kawasan rawan bencana dimana Indonesia dilalui dua lempeng aktif dan masuk dalam zona ring of fire," ujarnya.

Memperkuat pemaparan dari Sekda, Kabupaten Subang sendiri memiliki topografi wilayah yang lengkap. Mulai dari dataran tinggi di sisi selatan dan kemudian semakin melandai ke arah utara hingga berbatasan dengan laut jawa.

Baca juga: Subholding Gas Pertamina Kebut 10 Proyek Gasifikasi Pembangkit Listrik Cluster Nusra dan Sultra

BERITA TERKAIT

Dengan bentang geografis seperti itu, berbagai potensi bencana alam seperti gempa bumi, tanah longsor, banjir hingga abrasi laut harus selalu siap dihadapi oleh masyarakat Subang. Belum lagi dengan potensi bencana non-alam seperti pandemi dan kebakaran. Semua memerlukan persiapan pencegahan dan penanganan yang matang.

Hal itulah yang mendasari PEP Subang Field dalam menginisiasi Perjanjian Kerja Sama (PKS) bidang penanggulangan bencana antara PEP Subang Field dan Pemerintah Kabupaten Subang yang diteken tahun 2020 silam.

"Terdapat beberapa langkah strategis yang dipetakan di PKS dalam menghadapi bencana, mencakup program pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan, tanggap darurat hingga kegiatan pemulihan pasca bencana," tutur Wazirul Luthfi selaku Head of Communication, Relation & CID Zona 7 Pertamina EP.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas