Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pelemahan Rupiah Paling Dalam Terhadap Dolar AS Terjadi Hari Ini, Rp 14.829 Per USD

Kurs rupiah terhadap dolar AS siang ini pukul 11.50 WIB berada di Rp 14.829 per dolar AS, melemah 0,03 persen dari posisi akhir pekan lalu.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Pelemahan Rupiah Paling Dalam Terhadap Dolar AS Terjadi Hari Ini, Rp 14.829 Per USD
KOMPAS/IWAN SETIYAWAN
Teler menghitung uang dollar AS dan yen Jepang saat transaksi valuta asing di Bank BNI Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (8/12/2014). KOMPAS/IWAN SETIYAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Nilai tukar rupiah masih berada di level paling rendah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sejak Oktober 2020.

Kurs rupiah terhadap dolar AS siang ini pukul 11.50 WIB berada di Rp 14.829 per dolar AS, melemah 0,03 persen dari posisi akhir pekan lalu di Rp 14.825 per dolar AS.

Pelemahan kurs rupiah dalam 20 bulan terakhir turut disebabkan oleh penurunan harga minyak sawit ke level terendah dalam lima bulan terakhir.

Bloomberg melaporkan, harga crude palm oil futures turun 5,5 persen di tengah potensi penambahan ekspor sawit para produsen teratas.

Insentif fiskal era pandemi pun hampir rampung di akhir bulan Juni. Hal ini menambah tantangan baru ekonomi Indonesia yang menghadapi kenaikan laju inflasi dan potensi kenaikan suku bunga.

Mayoritas mata uang Asia menguat terhadap dolar AS hingga siang ini. Yuan memimpin penguatan kurs di Asia sebesar 0,63 persen setelah bank sentral menahan suku bunga dari pelonggaran.

Baca juga: The Fed Dinilai Masih Bakal Agresif, Analis Sebut Rupiah Berpeluang ke Rp 15.000 per Dolar AS

Dolar Singapura pun menguat terhadap the greenback, disusul opleh rupee, dolar Taiwan, yen, dan ringgit.

BERITA REKOMENDASI

Sedangkan rupiah melemah bersama dengan peso (-0,32 persen ), won (-0,18 % ), baht (-0,04), dan dolar Hong Kong (-0,01 % ).

Baca juga: Tekanan Eksternal Bisa Lemahkan Rupiah Hingga Rp 15 Ribu Per Dolar AS

Sementara indeks dolar yang mencerminkan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama dunia melemah ke 104,41. Akhir pekan lalu, indeks dolar ditutup pada 104,70.

Laporan Reporter Wahyu Tri Rahmawati | Sumber: Kontan

Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas