Tribun Bisnis

Kemenhub Targetkan Pembangunan Jalur KA Sepanjang 10.524 Kilometer Hingga 2030

Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri mengatakan, pembangunan jalur KA tersebut difokuskan di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Kemenhub Targetkan Pembangunan Jalur KA Sepanjang 10.524 Kilometer Hingga 2030
IST
Menhub Budi Karya Sumadi melakukan pengecekan progres proyek Kereta Api (KA) Makassar- Parepare yang merupakan proyek strategis nasional. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan pembangunan jalur Kereta Api (KA) sepanjang 10.524 kilometer hingga 2030 mendatang.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri mengatakan, pembangunan jalur KA tersebut difokuskan di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.

“Target pembangunan ini, sudah dilaksanakan secara bertahan sejak 2019. Saat ini juga ada empat major project yang menjadi perhatian utama dalam pembangunan jalur KA,” ucap Zulfikri, Kamis (7/7/2022).

Baca juga: 26 Layanan Kereta Api di Sri Lanka Dibatalkan karena Kekurangan Pasokan Bahan Bakar

Ia menjelaskan, empat major project tersebut, pembangunan KA Makassar-Parepare, Kereta Api Cepat Jakarta – Bandung dan Peningkatan Kecepatan Jakarta – Surabaya Tahap I Jakarta - Semarang.

“Kemudian pembangunan Sistem Angkutan Umum Massal Perkotaan 6 Wilayah Metropolitan Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang dan Makassar masuk dalam major project,” ucap Zulfikri.

Dalam pembangunan major project ini, lanjut Zulfikri, akan diusahakan menggunakan pembiayaan alternatif selain APBN.

“Kami akan memaksimalkan sumber daya dalam mewujudkan pembangunan, dengan skema pembiayaan alternatif akan dimanfaatkan,” ujar Zulfikri.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas