Tribun Bisnis

Singapura Berencana Impor Ayam dari Indonesia

Menurut Singapore Food Agency (SFA), tiga perusahaan Indonesia diberi izin untuk mengekspor daging ayam dan produk olahan daging ayam ke Singapura

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Singapura Berencana Impor Ayam dari Indonesia
tribunjabar/andri m dani
ilustrasi peternakan ayam. Menurut Singapore Food Agency (SFA), tiga perusahaan Indonesia diberi izin untuk mengekspor daging ayam dan produk olahan daging ayam ke Singapura 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, SINGAPORE – Kementerian Pertanian Indonesia akan mendorong perusahaan Indonesia untuk memulai ekspor produk ayam ke Singapura.

Pada saat yang sama, Kementerian Pertanian mengatakan, mereka bekerja dengan lebih banyak bisnis untuk mendapatkan izin agar dapat mengekspor produk ayam ke negara tetangga.

Dilansir dari Channel News Asia, Kamis (7/7/2022) langkah ini dilakukan setelah Singapura menambahkan Indonesia sebagai sumber baru untuk impor ayam dingin, beku, dan olahan.

Baca juga: Sering Makan Ayam Broiler Disebut Picu Kanker, Pedagang Warteg Sarankan Ikan Jadi Penggantinya

Menurut Singapore Food Agency (SFA), tiga perusahaan asal Indonesia diberi izin untuk mengekspor daging ayam dan produk olahan daging ayam ke Singapura.

Dua dari perusahaan tersebut adalah anak perusahaan Indonesia dari konglomerat makanan yang berbasis di Thailand Charoen Pokphand, sementara yang lainnya adalah anak perusahaan dari raksasa makanan beku Indonesia Japfa Comfeed.

Mdm Tri Mela Sari, Direktur di Kementerian Pertanian Indonesia mengatakan, tiga perusahaan yang terakreditasi belum mengekspor produknya ke Singapura.

“Seberapa cepat perusahaan-perusahaan ini dapat mulai mengekspor ayam ke Singapura akan tergantung pada negosiasi B2B (business-to-business) antara perusahaan Indonesia dan rekan-rekan mereka (Singapura). Berapa (daging ayam) yang akan diekspor juga tergantung negosiasi B2B,” ujarnya.

“Kami akan segera mulai mengekspor. Kami akan memberi tahu Anda ketika (kesepakatan) sudah selesai,” imbuhnya.

Baca juga: Kebiasaan Konsumsi Ayam Broiler Picu Kanker? Ini Tanggapan Ketua YKI

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Produk Hewan Kementerian Kesehatan menambahkan, ada 12 perusahaan Indonesia lainnya yang saat ini sedang meminta izin untuk mengekspor produk ayam ke Singapura.

“Kami sekarang menunggu SFA untuk memulai proses audit mereka. Pemerintah berharap (audit) bisa segera dilakukan,” kata Mdm Mela Sari.

Bulan lalu, tim dari SFA mengunjungi Indonesia untuk mengaudit pengawasan keamanan pangan dan kesehatan hewan Indonesia.

Tim mengunjungi berbagai fasilitas seperti peternakan, stasiun karantina dan laboratorium untuk lebih memahami sistem regulasi yang ada.

SFA mengatakan bahwa perusahaan dan peternakan individu perlu dievaluasi dan disetujui, dengan evaluasi dokumenter terperinci dan audit di tempat untuk verifikasi.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas