Tribun Bisnis

Kadin Dorong Percepatan Transformasi Digital, Arsjad Rasjid: Secara Ekonomi Bisa Menguntungkan UMKM

Namun yang patut disayangkan, masih sangat banyak pelaku UMKM di dunia termasuk Indonesia, yang belum onboarding digital.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Kadin Dorong Percepatan Transformasi Digital, Arsjad Rasjid: Secara Ekonomi Bisa Menguntungkan UMKM
ist
Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) mengungkapkan, digitalisasi telah membuat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lebih tangguh dalam menghadapi fluktuasi ekonomi selama pandemi.

Namun yang patut disayangkan, masih sangat banyak pelaku UMKM di dunia termasuk Indonesia, yang belum onboarding digital.

Ketua Umum Kadin, Arsjad Rasjid mengatakan, bahwa pihaknya berkomitmen dan mendorong adanya transformasi digital bagi seluruh pelaku UMKM khususnya di Tanah Air.

Baca juga: Hadir di Halal Bihalal IKA Unpad, Ketua Kadin: Investasi Harus Bisa Tumbuhkan UMKM

“Intinya adalah menuju Indonesia baru. Dimana kita yang ujungnya bersama-sama memastikan digital transformasi, yang secara ekonomi bisa menguntungkan untuk UMKM kita,” ucap Arsjad dalam B20-G20 Dialogue: Digitalization Task Force yang dilaksanakan di Hotel Mulia Jakarta, Kamis malam (7/7/2022).

Dirinya melanjutkan, di sisi lain, UMKM yang menggerakkan perekonomian dunia masih mengalami tantangan untuk melakukan transformasi digital.

Mulai dari keterbatasan infrastruktur, hingga minimnya literasi terkait konsep digital.

Menurut Arsjad, tak hanya pemerintah, seluruh stakeholder terkait harus bekerjasama mengembangkan infrastruktur digital dari hulu hingga hilir.

Sejalan dengan pembangunan infrastruktur digital, transformasi digital di Indonesia juga harus diimbangi dengan pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni.

“Kita harus membangun UMKM yang tangguh, tapi kuncinya adalah bagaimana kita membangun sumber daya manusianya,” ucap Arsjad.

“Untuk itu kita harus kerja bareng. Kita harapkan public sector yaitu perusahaan besar hingga yang kecil bisa berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur digital. Dan kemudian melahirkan transformasi digital,” pungkasnya.

Baca juga: Promosikan Forum B20, KADIN Indonesia Lakukan Tur Eropa

Sebagai tambahan informasi, Indonesia berperan aktif untuk mengakselerasi transformasi digital sebagai pendukung pemulihan ekonomi pasca-pandemi Covid-19 pada tatanan global melalui presidensi G20.

Untuk itu, B20 Indonesia melalui Digitalization Task Force menggelar forum dialog G20-B20, pada Kamis (7/7/2022).

Sejumlah topik terkait kebijakan dan rekomendasi yang disiapkan B20 Indonesia Digitalization Task Force dibahas pada forum ini.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas