Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Nancy Pelosi ke Taiwan, Bursa Saham Asia dan Imbal Hasil Treasury AS Langsung Terkoreksi

Imbal hasil Treasury AS langsung turun, setelah China mengancam akan memberikan tindakan keras jika Nancy Pelosi tetap mengunjungi Taiwan.

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Nancy Pelosi ke Taiwan, Bursa Saham Asia dan Imbal Hasil Treasury AS Langsung Terkoreksi
Treasury
Imbal hasil Treasury AS langsung turun dan menuju ke level terendah dalam empat bulan terakhir, setelah Pemerintah China mengancam akan memberikan tindakan keras jika Nancy Pelosi berkunjung ke Taiwan, yang diklaim Beijing sebagai bagian dari wilayahnya. 

 
Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni
 

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Bursa saham Asia langsung jatuh pada perdagangan hari ini, Selasa (2/8/2022), di tengah meningkatnya kegelisahan investor atas ketegangan hubungan China dan Amerika Serikat (AS) terkait kegiatan tur Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Asia dan Taiwan.

Imbal hasil Treasury AS juga mengalami penurunan dan menuju ke level terendahnya dalam empat bulan terakhir, setelah Pemerintah China mengancam akan memberikan tindakan keras jika Nancy Pelosi berkunjung ke Taiwan, yang diklaim Beijing sebagai bagian dari wilayahnya.

Dikutip dari CNBC, bursa saham di China Daratan dan Hong Kong memimpin kerugian di wilayah Asia.

Indeks Shanghai Composite merosot 2,26 persen menjadi 3.186,27. Sedangkan indeks Shenzhen Component jatuh 2,37 persen menjadi 12.120,02.

Indeks Hang Seng Hong Kong terkoreksi 2,42 persen, dan indeks teknologi Hang Seng turun lebih dari 3 persen.

Seorang sumber yang tidak ingin disebut namanya mengatakan, Ketua DPR AS Nancy Pelosi akan mengunjungi Taiwan hari ini. Beijing telah memperingatkan AS bahwa militernya tidak akan tinggal diam jika Pelosi benar melakukan kunjungan ke Taiwan.

Baca juga: Nancy Pelosi Tiba di Singapura, Bursa Saham Taiwan Langsung Melemah

BERITA TERKAIT

“Kunjungan Pelosi akan secara signifikan meningkatkan ketegangan AS-China tetapi tidak mungkin menghasilkan reaksi China yang berisiko konflik,” tulis seorang analis di Eurasia Group dalam sebuah laporan yang diterbitkan Senin (1/8/2022) kemarin.

Sementara kepala penelitian dan strategi FX di Maybank, Saktiandi Supaat mengatakan kunjungan Pelosi ke Taiwan juga dapat berpengaruh terhadap nilai dolar AS dan yen Jepang.

“Risiko geopolitik selalu menjadi faktor yang kami perhatikan, di ruang FX. Tapi itu sesuatu yang sulit diprediksi,” katanya.

Baca juga: Nancy Pelosi Diperkirakan Terbang ke Taiwan Hari Ini, Jet Tempur dan Kapal Perang China Mendekat

Indeks Nikkei 225 Jepang jatuh 1,42 persen menjadi 27.594,73, sedangkan indeks Topix turun 1,77 persen menjadi 1.925,49.

Di Korea Selatan, indeks Kospi tergelincir 0,52 persen menjadi 2.439,62 dan indeks Kosdaq turun 0,4 persen menjadi 804,34.

Indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang turun 1,32 persen pada perdagangan hari ini.

Di Amerika Serikat, imbal hasil Treasury AS 10-tahun turun2,53 persen di perdagangan Tokyo, menjadi penurunan terendah sejak 5 April lalu.

Baca juga: China Peringatkan Nancy Pelosi Agar Tidak Mengunjungi Taiwan

Indeks dolar AS, yang melacak greenback terhadap enam mata uang utama, berada di 105,467.

Minyak berjangka juga tergelincir pada perdagangan hari ini. Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS turun 0,17 persen menjadi 93,73 dolar AS per barel. Sementara harga minyak mentah berjangka Brent kehilangan 0,35 persen menjadi 99,68 dolar AS per barel.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas