Tribun Bisnis

Sandiaga Uno Buka Jalan Enterpreneur Muda Tembus Pasar Global Lewat Sektor Ekonomi Kreatif

Sandiaga Uno mendorong mahasiswa untuk melek digital secara efektif dalam meningkatkan komunikasi modern, serta menembus pasar global lewat

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Sandiaga Uno Buka Jalan Enterpreneur Muda Tembus Pasar Global Lewat Sektor Ekonomi Kreatif
ist
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Universitas Prof. Dr. Hazairin, Bengkulu, Rabu (3/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendorong mahasiswa untuk melek digital secara efektif dalam meningkatkan komunikasi modern, serta menembus pasar global lewat sektor kuliner dan ekonomi kreatif.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga saat memberikan pelatihan kewirausahawan dan optimasi penjualan melalui digital marketing kepada Mahasiswa Universitas Prof. Dr. Hazairin, Bengkulu.

Pelatihan tersebut menggandeng Yayasan Indonesia Setara untuk memotivasi mahasiswa agar dapat membuka peluang usaha untuk berwirausaha.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno Targetkan Ciptakan 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru di 2024

"Kami memberikan pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan kepada mahasiswa dalam mengakses usaha-usaha di bidang kuliner maupun ekonomi kreatif," kata Sandiaga Uno di Universitas Prof. Dr. Hazairin, Bengkulu, Rabu (3/8/2022).

Pelatihan ini berkolaborasi dengan Small Enterprise Hub (SMEsHub) Indonesia untuk meningkatkan digitalisasi UMKM millenial. Serta peserta terbaik akan dibimbing hingga diberikan bantuan modal usaha.

"Kemenparekraf berkolaborasi dengan SMEsHub untuk menggandeng seluruh pihak agar meningkatkan digitalisasi dari UMKM anak-anak muda dengan program pendampingan hingga akses pembiayaan," ungkapnya.

Sementara itu Founder dan CEO SMEsHub Indonesia, Lutpi Ginanjar mengakui Sandiaga sosok yang peduli terhadap perekonomian Indonesia. Sehingga Sandiaga mengajak millenial untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

"Saya menilai Pak Sandi sosok yang sangat peduli terhadap kemajuan anak muda, UMKM, dan juga membuat pengusaha-pengusaha jadi tumbuh. Pak Sandi juga memiliki spirit luar biasa dalam menciptakan lapangan kerja tahun ini 1,1 juta maka tahun 2024 mendatang akan 4,4 juta," ujar Lutpi.

Pada pelatihan ini mahasiswa pelaku usaha dapat mengoptimalkan media sosial. Yaitu untuk pemasaran, kemampuan menciptakan konten yang orisinil, relevan serta interaksi media sosial yang aktif untuk merespon pembeli dengan lebih baik.

Baca juga: Demo Tarif Masuk Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo Berujung Rusuh, Berikut Respons Sandiaga Uno

Wakil Ketua DPD RI, Sultan Bachtiar Najamudin mengenal baik sosok Sandiaga. Tak hanya itu, Sultan pun menyampaikan bahwa jika Sandiaga mencalonkan Presiden di 2024 ia akan mensupport.

"Saya sebagai sahabat apapun yang beliau lakukan terhadap Indonesia akan mensupport dan beliau sosok menteri terbaik," tutur Sultan.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas