Tribun Bisnis

UU Cipta Kerja

Buruh Aksi Long March ke Jakarta Tuntut Cabut Omnibus Law UU Cipta Kerja

Sejumlah buruh yang tergabung di Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) menuju Jakarta menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja, Senin 8 Agustus 2022

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Buruh Aksi Long March ke Jakarta Tuntut Cabut Omnibus Law UU Cipta Kerja
IST
Aksi long march buruh yang tergabung di Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) menuju Jakarta menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja, Senin 8 Agustus 2022. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Muhammad Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Moh Jumhur Hidayat menerima sejumlah buruh yang melakukan long march di daerah Tanjung Pura Karawang, Jawa Barat, hari ini, Senin (8/8/2022).

Jumhur menerima rombongan ratusan peserta long march buruh pekerja yang sudah dua hari berjalan kaki dari kota Bandung sejak Sabtu 6 Agustus 2022. Dia ikut berjalan kaki menuju Jakarta untuk bergabung dengan buruh lainnya dalam aksi akbar kaum buruh yang akan digelar 10 Agustus 2022.

Aksi tersebut juga digelar di berbagai ibukota provinsi dan kabupaten seluruh Indonesia yang tergabung Aliansi Aksi Sejuta Buruh Cabut UU Omnibus Law Cipta Kerja termasuk demonstrasi di Gedung DPR RI.

"Saya ikut bersama kalian untuk long march menuju Jakarta. Insya Allah kita akan tiba di Jakarta pada 10 Agustus bergabung bersama aksi 1 juta buruh lainnya," ujar Jumhur di Karawang, Senin (8/8/2022).

Menurut Jumhur, Aliansi Aksi Sejuta Buruh Cabut UU Omnibus Law Cipta yang di koordinator dirinya ini memang direncanakan akan melaksanakan demonstrasi besar besaran untuk meminta pemerintah mencabut UU Cipta Kerja atau Omnibus Law. 

Baca juga: Aliansi Sejuta Buruh Mau Batalkan Aksi Turun ke Jalan, Syaratnya UU Omnibus Law Harus Dicabut

"Tujuan aksi sejuta buruh ini tetap sama seperti aksi rakyat, mahasiswa, bersama buruh lainnnya sejak beberapa tahun belakangan yaitu meminta pemerintah mencabut UU cipta kerja atau Omnibus Law. Selain aksi akbar di Jakarta, hampir semua  daerah di Indonesia juga akan melaksanakan demonstrasi dengan isu yang sama," tutur Jumhur.

Baca juga: Buruh Tuding Revisi UU PPP Akal-akalan Legalkan Omnibus Law

Jumhur juga mengajak kaum buruh seluruh Indonesia mendoakan agar mereka yang melakukan long march di bulan kemerdekaan diberi kekuatan dan kesehatan lahir batin, sehingga bisa bergabung dengan Aksi Unjuk Rasa Akbar di Jakarta tanggal 10 Agustus nanti.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas