Tribun Bisnis

Menparekraf: Promosi di Platform Digital Bantu UMKM Perluas Akses Pasar

Sandiaga mendorong para peserta AKI untuk beradaptasi dengan digitalisasi dan memasarkan produk-produknya melalui platform digital.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Menparekraf: Promosi di Platform Digital Bantu UMKM Perluas Akses Pasar
Istimewa
Menparekraf Sandiaga Uno saat melakukan kunjungan ke Yayasan Pondok Pesantren Sekolah Alam Tunas Mulia, Bantar Gebang, Bekasi, Minggu (14/8/2022). (Istimewa)   

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyatakan promosi digital penting bagi para pelaku ekonomi kreatifm untuk mendorong kebangkitan ekonomi melalui akses peluang usaha dan lapangan kerja yang lebih luas.

“Harapan yang disebarkan 27 peserta AKI (Apresiasi Kreasi Indonesia) ini luar biasa, mereka menembus imajinasi untuk menghasilkan produk-produk terbaik," ujar Sandiaga dalam keterangannya, dikutip Senin (15/8/2022).

Sandiaga mendorong para peserta AKI untuk beradaptasi dengan digitalisasi dan memasarkan produk-produknya melalui platform digital.

AKI merupakan program unggulan dari Kemenparekraf yang dalam pelaksanaannya menyasar 16 kabupaten atau kota di Indonesia.

Nantinya diharapkan ekonomi masyarakat Indonesia yang sempat menurun dikarenakan keadaan pandemi Covid-19 dapat kembali meningkat.

"Ini adalah bentuk dukungan kita kepada UMKM Jember, karena Jember memiliki ragam potensi ekonomi kreatif yang sangat baik. Mulai dari produk kuliner sampai juga produk yang berkaitan dengan wisata,” kata Sandiaga.

Baca juga: Tumbuhkan Ekonomi Kreatif di Era Digital, Pelaku UMKM Penting Lakukan Kolaborasi

Sandiaga juga mengatakan hal tersebut sejalan dengan pembangunan yang berbasis teknologi dan ia berharap adanya AKI 2022 ini akan mendorong daya beli masyarakat dan juga memperluas jangkauan produk-produk dari para pelaku ekonomi kreatif.

Pemasaran produk juga dapat dilakukan secara offline melalui berbagai cara. Salah satu pemasaran produk secara offline adalah service iklan yang ditawarkan PT Mobil Iklan Indonesia (M.ads) yang memudahkan pelanggan melakukan publikasi.

Di antaranya dengan mewujudkan kebutuhan para pebisnis melalui mobil stiker branding yang berjalan bebas dan telah terintegrasi dengan aplikasi yang dapat memonitoring jalannya mobil.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas