Tribun Bisnis

Wapres Maruf Amin Resmikan Bank Riau Kepri Syariah

Wapres Ma’ruf Amin meresmikan Bank Riau Kepri (BRK) Syariah di Menara Dang Merdu Bank Riau Kepri di Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (25/8/2022).

Penulis: Gita Irawan
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Wapres Maruf Amin Resmikan Bank Riau Kepri Syariah
Setwapres
Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin meresmikan Bank Riau Kepri (BRK) Syariah di Menara Dang Merdu Bank Riau Kepri Pekanbaru, Riau, Kamis (25/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma’ruf Amin pagi ini meresmikan Bank Riau Kepri (BRK) Syariah di Menara Dang Merdu Bank Riau Kepri di Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (25/8/2022).

Maruf Amin menjelaskan, ada panjang untuk proses konversi Bank Riau Kepri menjadi bank syariah.

Menurutnya, konversi ini berkat itikad kuat seluruh jajaran Bank Riau Kepri, komitmen Pemerintah Provinsi Riau dan Kepulauan Riau, dukungan OJK, Bank Indonesia, KNEKS, dan pemangku kepentingan lainnya.

Ma'ruf menyampaikan tiga pesan ke jajaran manajemen. "Pertama, Bank Riau Kepri Syariah harus hadir sebagai penyokong dan penguat pertumbuhan semua sektor ekonomi dan keuangan syariah di wilayah Provinsi Riau," kata Ma'ruf dalam sambutannya.

Berbagai skema pembiayaan bagi pelaku industri halal baik yang berskala besar maupun UMKM, lanjut dia, perlu terus dikembangkan.

Selain itu, ketersediaan layanan penghimpunan dan penyaluran dana sosial syariah dari masyarakat, ASN Pemda, Pegawai BUMD, dan lainnya juga perlu dikembangkan.

"Kedua, Bank Riau Kepri Syariah harus terus meningkatkan layanan, termasuk penyempurnaan implementasi digitalisasi perbankan," kata dia.

Baca juga: Bank Syariah Indonesia akan Rights Issue, Terbitkan 6 Miliar Saham Baru

Dia juga meminta dilakukan pembenahan, peningkatan kapasitas dan kapabilitas sistem IT, penambahan fitur-fitur pada sistem mobile banking dan ketersediaan link dengan e-commerce, teknologi finansial, dan sistem pembayaran agar diperbanyak.

"Ketiga, Bank Riau Kepri Syariah perlu terus menjajaki dan mengembangkan berbagai program potensial guna memperluas pangsa pasar syariah," kata Ma'ruf.

Ma'ruf menjelaskan ada sejumlah potensi besar yang perlu digarap dengan keseriusan.

Potensi tersebut di antaranya layanan penerimaan Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji, layanan Sistem Manajemen Kas bagi institusi pendidikan di daerah, mencakup sekolah umum, sekolah Islam, dan pesantren, dan layanan sistem pembayaran gaji bagi pegawai instansi pemda dan institusi/lembaga lainnya.

Baca juga: Tabungan Nasabah Bank Syariah Melonjak 16 Persen Hingga Rp 238 Triliun di Kwartal I 2022

Direktur Utama BRK Syariah Andi Buchari menyampaikan rasa syukur dan memohon restu serta dukungan dari masyarakat, para nasabah, otoritas, pemegang saham serta semua pihak untuk BRK Syariah.

Dengan Spirit 3K atau Konversi-Kinerja-Kultur dan Strategi Transformasi 5.0 BRK Syariah, ia berharap BRK Syariah akan berupaya untuk menjadi motor penggerak, sebagai Pemicu sekaligus Pemacu Ekosistem Syariah di kawasan ini.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas