Tribun Bisnis

Presidensi G20, Momentum Bagus Indonesia untuk Dorong Transisi Energi

Indonesia memiliki kesempatan baik untuk memaksimalkan langkah diplomasinya terkait isu perubahan iklim melalui pengembangan energi terbarukan.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Presidensi G20, Momentum Bagus Indonesia untuk Dorong Transisi Energi
dok.
Ketua Umum Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI) Fabby Tumiwa (tengah) usai menyaksikan penandatanganan kerjasama produsen panel surya Utomo SolaRUV dan Solar Radiance di Jakarta, Rabu (14/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia sebagai pemegang Presidensi G20 tahun ini memiliki kesempatan baik untuk memaksimalkan langkah diplomasinya terkait isu perubahan iklim melalui pengembangan energi terbarukan.

Hal itu dikatakan Ketua Umum Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI) Fabby Tumiwa dalam penandatanganan kerjasama produsen panel surya Utomo SolaRUV dan Solar Radiance di Jakarta, Rabu (14/9/2022).

Menurut Fabby, Presidensi G20 menjadi momentum Indonesia mendorong upaya akselerasi transisi energi

"Indonesia memiliki sumber energi surya yang sangat melimpah dengan intensitas radiasi matahari rata-rata sekitar 4.8 kWh/m2 per hari, bahkan daerah Indonesia bagian timur memiliki intensitas radiasi matahari yang lebih tinggi," urainya.

Fabby menyampaikan akselerasi transisi energi bisa didorong dari pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Dia menilai Indonesia memiliki potensi yang luar biasa besar dan inisiatif antar organisasi seperti produsen panel surya Utomo SolaRUV dan Solar Radiance yang harus didukung karena akan menumbuhkan lapangan kerja hijau.

Baca juga: Bogasari Operasikan PLTS di Pabrik Cibitung untuk Dukung Industri Hijau

Selain itu meningkatkan akses ke teknologi dan ujungnya memperkuat ekosistem antar pelaku usaha di Indonesia.

"Sehingga konsumen atau pengguna mendapatkan penghematan dan akses ke pengembang kelas dunia di industri energi bersih tanah air," paparnya.

Managing Director Utomo SolaRUV Anthony Utomo menuturkan pihaknya terus membangun kerjasama strategis, salah satunya melalui kerjasama Master Sales Agreement dengan PT Masdar Mitra Solar Radiance. 

Baca juga: Penggunaan PLTS Atap Makin Diminati Pelaku Usaha Industri di Indonesia

“Kami selaku mitra produsen global modul surya LONGi di Indonesia tentu menyambut baik kerjasama strategis dengan pengembang PV Solar Radiance yang adalah bagian dari konglomerasi Masdar dan Mitrabara," tuturnya.

Anthony mengatakan kerjasama ini akan mengakselerasi pengembangan dan akses Distributed Energy sebagai bagian pemenuhan dari strategi nasional untuk dekarbonisasi industri dan transisi energi bersih di Indonesia.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas