Tribun Bisnis

Geser Jeff Bezos, Taipan India Gautam Adani Jadi Orang Terkaya Nomor 2 di Dunia  

Taipan asal India ini hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 bulan untuk mencapai posisi tersebut

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Geser Jeff Bezos, Taipan India Gautam Adani Jadi Orang Terkaya Nomor 2 di Dunia  
SAM PANTHAKY / AFP
Gautam Adani, Ketua Grup Adani berbicara dalam konferensi pers di Ahmedabad pada 23 Desember 2010. Gautam Adani menggeser posisi pendiri Amazon Jeff Bezos sebagai orang terkaya kedua di dunia berdasarkan Indeks Miliarder Bloomberg. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni
 
TRIBUNNEWS.COM, NEW YORK - Pengusaha asal India Gautam Adani menggeser posisi pendiri Amazon Jeff Bezos sebagai orang terkaya kedua di dunia berdasarkan Indeks Miliarder Bloomberg.

Melansir dari CNN, bos Tesla Elon Musk, yang masih menempati posisi pertama dengan kekayaan mencapai 260 miliar dolar AS, perlu sedikit waspada atas pencapaian Gautam Adani.

Taipan asal India ini hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 bulan untuk mencapai posisi tersebut, setelah tahun ini ia masuk ke dalam daftar dengan menduduki peringkat ke-14.

Baca juga: Perjalanan Hidup Gautam Adani, Orang Terkaya Asia, Lahir dari Keluarga Biasa & Pernah Jadi Karyawan

Ini adalah pertama kalinya orang Asia mendapat peringkat yang sangat tinggi dalam daftar Bloomberg, yang telah lama didominasi oleh pengusaha teknologi berkulit putih.

Gautam Adani tercatat memiliki kekayaan sebesar 146,9 miliar dolar AS, yang sebagian besar diperolehnya dari  Adani Group, perusahaan besar India yang mengoperasikan berbagai bisnis termasuk pelabuhan dan batu bara yang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Saham beberapa perusahaan Adani melonjak lebih dari 1.000 persen sejak Juni 2020, yang mencerminkan optimisme investor terhadap kekuatan perusahaan di bidang-bidang seperti infrastruktur dan energi terbarukan yang diprioritaskan oleh Perdana Menteri India Narendra Modi.

Sedangkan saham Adani Enterprises pada tahun ini naik lebih dari 115 persen.

Pada bulan Februari lalu, Adani berhasil menyalip taipan India Mukesh Ambani untuk menjadi orang terkaya di Asia.

Baca juga: Geser Mukesh Ambani, Gautam Adani Jadi Orang Terkaya Asia Tahun 2022, Ini Sumber Kekayaannya

Menurut Bloomberg, kekayaan bersih Jeff Bezos turun menjadi 145,8 miliar dolar AS. Hal ini dikarenakan saham teknologi yang terpukul keras di tengah aksi jual ekuitas yang lebih luas pada Jumat (16/9/2022) lalu.

Saham Amazon turun 3 persen di awal perdagangan, dan turun lebih dari 25 persen pada tahun ini.

Jeff Bezos sebelumnya pernah menempati puncak daftar orang terkaya di dunia. Kekayaan pendiri Amazon ini terpukul setelah perceraiannya dengan novelis Amerika Serikat MacKenzie Scott terjadi pada tahun 2019.

Sebagian besar kekayaan Bezos terikat di saham Amazon. Menurut Bloomberg, aksi jual teknologi telah memangkas 45 miliar dolar AS dari kekayaan bersih Bezos sejak Januari lalu.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas