Tribun Bisnis

Menkominfo dan Mendag Prancis Bahas Finalisasi Proyek Satelit Satria-1 yang Dibiayai BPI France

Menkominfo Johnny G Plate dan Menteri Perdagangan Luar Negeri Perancis Olivier Becht bertemu dalam pembicaraan bilateral meeting Rabu pagi ini.

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Menkominfo dan Mendag Prancis Bahas Finalisasi Proyek Satelit Satria-1 yang Dibiayai BPI France
dok. Kominfo
Menkominfo Johnny G Plate dan Menteri Perdagangan Luar Negeri Perancis Olivier Becht saat bertemu dalam pembicaraan bilateral meeting Rabu pagi, 21 September 2022. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate dan Menteri Perdagangan Luar Negeri Perancis Olivier Becht melakukan bilateral meeting pagi ini.

Johnny mengatakan, pertemuan dengan menteri Perancis tersebut membahas finalisasi tiga proyek terkait dengan tranformasi digital di Indonesia.

"Pertemuan bilateral antara saya dan Pak menteri, kami diskusikan tiga proyek dalan pipeline Indonesia di Kementerian Kominfo berkaitan transformasi digital," ujar dia di Gedung Kementerian Kominfo, Rabu (21/9/2022).

Lebih rinci, dikusi pertama yakni terkait perkembangan proyek Satelit Satria-1 yang dibiayai BPI France dari Pemerintah Prancis, dan pembuatan satelitnya dikerjakan oleh Thales Alenia Space.

"Dibiayai Pemerintah Prancis dan teknologinya dari perusahaan Perancis, Thales," kata Johnny.

Kemudian, diskusi kedua membahas pembangunan Pusat Data Nasional yang dibiayai pemerintah Perancis sudah memasuki tahap akhir.

"Pembahasan pembiayaan dan dalam waktu dekat akan konstruksi, ground breaking," tuturnya.

Baca juga: Citra Satelit Tampilkan Landasan Pacu Bandara Aleppo Suriah Hancur Akibat Serangan Israel

Dia menambahkan, dikusi ketiga berkaitan dengan digitalisasi pertelevisian, yang melibatkan TVRI sebagai lembaga penyiaran publik.

Baca juga: Satelit Satria-1 Butuh Cadangan

"Proyek kita untuk TVRI digital broadcasting dibiayai pemerintah Perancis dan teknologi Perancis. Saat ini masuk tahap akhir diskusi teknis menyangkut kontrak, kita harap segera dimulai karena pembiayaan rupiah sudah tersedia," pungkas Johnny.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas