Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pengamat: Turunnya Harga Minyak Tidak Pernah Menurunkan Harga BBM

Pengamat ekonomi energi dari Universitas Gadjah Mada Fahmy Radhi mengatakan, tidak ada dalam catatannya harga minyak dunia turun bikin harga BBM

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Pengamat: Turunnya Harga Minyak Tidak Pernah Menurunkan Harga BBM
Tribunnews/Fahmi Ramadhan
Sebanyak 1.000 massa dari berbagai elemen buruh menggelar aksi demonstrasi menolak kenaikan harga BBM di kawasan Patung Kuda Jakarta Pusat. 

Lapora Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Harga minyak dunia yang sedang mengalami tren penurunan hingga sudah berada di bawah level 80 dolar Amerika Serikat (AS) per barel dinilai tidak berdampak terhadap harga bahan bakar minyak (BBM).

Pengamat ekonomi energi dari Universitas Gadjah Mada Fahmy Radhi mengatakan, tidak ada dalam catatannya harga minyak dunia turun bikin harga BBM menurun juga.

"Data menunjukkan bahwa turunnya harga minyak dunia tidak pernah menurunkan harga BBM," ujarnya melalui pesan singkat kepada Tribunnews.com, Senin (26/9/2022).

Lebih lanjut, dia mencontohkan bahkan saat harga minyak dunia ambruk ke level minus pun ketika awal pandemi Covid-19, tida membuat harga BBM turun.

Baca juga: Presiden Jokowi Bertolak ke Baubau Sulawesi Tenggara Tinjau Penyaluran BLT BBM

"Bahkan pada saat harga minyak minus sekali pun, Pertamina tidak pernah menurunkan harga BBM," kata Fahmy.

Dia menambahkan, semestinya Pertamina selaku perusahaan milik negara bisa meningkatkan efisiensi di saat harga minyak turun.

BERITA TERKAIT

"Malah berburu minyak yang harganya sangat rendah, lalu dijual kepada konsumen dg harga tetap mahal untuk meraup keuntungan sebesarnya. Inefisiensi masih saja terjadi di tubuh Pertamina, hal ini menjadi salah satu alasan Pertamina tidak menurunkan harga BBM meski harga minyak dunia turun," pungkas Fahmy.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas