Tribun Bisnis

Percepat Transformasi Digital, Industri Semen Manfaatkan Teknologi Cloud

Semen Indonesia (SIG) bekerja sama dengan Amazon Web Services (AWS) melakukan percepatan transformasi digital dengan memanfaatkan teknologi Cloud.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Percepat Transformasi Digital, Industri Semen Manfaatkan Teknologi Cloud
dok. Semen Indonesia
Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko SIG Andriano Hosny Panangian pada acara AWS Cloud Day 2022 di Hotel Ritz Carlton, Jakarta. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Semen Indonesia (SIG) bekerja sama dengan Amazon Web Services (AWS) melakukan percepatan transformasi digital dengan memanfaatkan teknologi Cloud.

Kerja sama ini dilakukan untuk meningkatkan keandalan, fleksibilitas dan keamanan dari sistem teknologi informasi dan komunikasi yang dimiliki oleh SIG.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko SIG, Andriano Hosny Panangian mengatakan, transformasi digital SIG berfokus pada proses bisnis utama mulai dari produksi, supply chain, keuangan, pemasaran, serta penjualan.

Menurutnya, semua aktivitas tersebut perlu didukung infrastruktur teknologi yang memadai, fleksibel dan terus berkembang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

"Kemampuan untuk beradaptasi dan menganalisa data merupakan salah satu faktor penting untuk memastikan keberlangsungan dan meningkatkan daya saing perusahaan," kata Andriano dalam keterangannya, Rabu (28/9/2022).

Group Head Information & Communication Technology SIG, Anindio Daneswara menambahkan, perseroan memanfaatkan teknologi cloud dalam melakukan standardisasi untuk menyederhanakan proses penyediaan sumber daya teknologi informasi, dan sekaligus meningkatkan faktor keamanan serta keandalannya.

Baca juga: Fokus Kembangkan Cloud, Telkomsigma Siap Kuasai Pasar B2B IT Service

SIG juga dapat menggunakan banyak pilihan teknologi yang tersedia di cloud, meliputi pemrosesan dan penyimpanan data, serta pengembangan lebih jauh dengan memanfaatkan kemampuan Data Analytics dan AI (artificial intelligence).

Ia menyebut, saat ini Group ICT SIG telah berhasil melakukan migrasi 90 persen dari sistem aplikasi prioritas dan utama ke cloud.

Migrasi ini, kata Anindio, diperkirakan akan meningkatkan kecepatan proses komputasi hingga 1,6 kali dan berkontribusi pada peningkatan efisiensi penggunaan computing resources sebesar 20 persen.

Baca juga: Masa Depan Bisnis Digital Diramalkan Berkembang Pesat Berkat Layanan Cloud

"Secara umum, dengan cost leadership dari penggunaan teknologi cloud, kita mempunyai potensi penurunan biaya operasional sekitar 30-40% serta meningkatkan faktor keamanan dengan teknologi yang tersedia di cloud," katanya.

Country Manager AWS Indonesia, Gunawan Susanto mengatakan, teknologi cloud memungkinkan transformasi digital terlaksana dengan baik karena teknologi cloud dapat membantu organisasi untuk mendapatkan resources teknologi informasi sesuai dengan kebutuhan.

Hal tersebut dapat menumbuhkan inovasi, meningkatkan agility dan kehandalan sekaligus mengoptimasi biaya.

"Dengan teknologi cloud, organisasi bisa berfokus pada customer dan aktivitas untuk mendiferensiasi bisnis dan tidak perlu lagi terbebani dengan pekerjaan untuk memanage infrastruktur data center," ucap Gunawan.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas