Tribun Bisnis

Jokowi Perkirakan Ekonomi RI pada Kuartal III 2022 Bisa Tumbuh 6 Persen 

Pertumbuhan ekonomi tersebut menjadi yang tertinggi di antara negara-negara G20, sehingga hal ini dinilainya sebagai modal untuk menumbuhkan optimisme

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Jokowi Perkirakan Ekonomi RI pada Kuartal III 2022 Bisa Tumbuh 6 Persen 
Capture Youtube Setpres
Presiden Jokowi. Jokowi menyatakan, ekonomi Indonesia mampu tumbuh cukup tinggi yakni 5,44 persen pada kuartal II 2022 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, ekonomi Indonesia mampu tumbuh cukup tinggi yakni 5,44 persen pada kuartal II 2022. 

Pertumbuhan ekonomi tersebut menjadi yang tertinggi di antara negara-negara G20, sehingga hal ini dinilainya sebagai modal untuk menumbuhkan rasa optimisme. 

"Jangan pesimis, memang yang kita hadapi ini bukan barang gampang, bukan barang mudah, tapi kita tetap harus optimis. Kuartal II tumbuh 5,44 persen, perkiraan saya ekonomi akan tumbuh di kuartal III ini 5,4 persen sampai 6 persen," ujarnya dalam UOB Economic Outlook 2023, Kamis (29/9/2022).

Baca juga: Ada Industri Tambah, Pertumbuhan Ekonomi Maluku Utara Dinyakini Jokowi Akan di Atas Nasional

Perkiraan tersebut, menurut Jokowi didasarkan optimisme konsumen yang masih pada posisi tinggi, di mana Indeks Kepercayaan Konsumen berada di angka 124,7 pada Agustus dibanding pada Juli hanya 123. 

"Artinya, di situ ada optimisme. Kemudian, juga ini berkaitan dengan perbankan, kredit tumbuh 10,7 persen, Ini juga menurut saya cukup tinggi," katanya. 

Kemudian, neraca dagang Indonesia juga surplus 28 bulan berturut-turut, termasuk pada Agustus kemarin surplus 5,7 miliar dolar Amerika Serikat (AS). 

Baca juga: Bank Dunia Revisi Pertumbuhan Ekonomi Asia Timur dan Pasifik, Indonesia Diproyeksi Tetap Tumbuh

"Ini gede banget loh angka surplusnya. Selain itu, PMI Manufaktur kita di angka di atas global yakni 51,7," pungkas Jokowi.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas