Tribun Bisnis

BP2P Jawa 1 Edukasi Cara Cegah Gratifikasi ke ASN

Kegiatan edukasi pencegahan gratifikasi ke ASN ini merupakan bagian dari program Core Value ASN BerAkhlak.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Choirul Arifin
zoom-in BP2P Jawa 1 Edukasi Cara Cegah Gratifikasi ke ASN
dok. BP2P
Kegiatan edukasi Pengendalian Gratifikasi di kalangan ASN oleh Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa 1 di Jakarta. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiolan Eko Purwanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa 1 melaksanakan kegiatan Pengendalian Gratifikasi di Gedung Wisma Karya, Jakarta, Kamis 22 September 2022.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pegawai mengenai definisi dan konsep gratifikasi serta mampu mengambil sikap yang berintegritas ketika berhadapan dengan gratifikasi.

“Harapannya, melalui kegiatan Core Values dan Pengendalian Gratifikasi ini, pegawai BP2P Jawa 1 bisa terus menjadi insan yang amanah dan profesional serta menghindari gratifikasi yang erat kaitannya dengan tindak pidana korupsi,” jelas Kepala BP2P Jawa 1, Firsta Ismet, dikutip Jumat (30/9/2022).

Kegiatan ini menjadi bagian dari program Core Value ASN BerAkhlak.

Dijelaskan, nilai-nilai dasar (core values) bagi aparatur sipil negara (ASN) meliputi Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif yang disingkat BerAKHLAK.

Core Values ASN BerAKHLAK diharapkan bisa menjadi landasan bagi ASN baik di pusat maupun daerah untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. ASN diminta untuk dapat lebih bertanggung jawab dan akuntabel dalam mempergunakan sumber daya dan
menjalankan kewenangannya.

Baca juga: Dukung Pengembangan Kampus, BP2P Jawa 1 Serah Terima Rusun Mahasiswa UIN Banten

Sepanjang tahun 2021 hingga 2022, semua lembaga/instansi setingkat kementerian atau yang berada di bawahnya terus melakukan sosialisasi agar BerAKHLAK menjadi fondasi solid dalam penguatan budaya kerja ASN yang profesional dan berkelas dunia.

Hal ini sejalan dengan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (SE Menpan-RB) Nomor 20 Tahun 2021 tentang Implementasi Core Values dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara (ASN), yang telah menetapkan bahwa Core Values yang harus diterapkan di seluruh ASN di instansi pemerintah adalah BerAKHLAK.

Baca juga: BP2P Jawa I Menargetkan Membedah  2.190 Unit Rumah di Provinsi Banten

Firsta Ismet mengatakan hadirnya core values BerAKHLAK menjadi budaya kerja yang baru untuk setiap ASN di Indonesia agar bisa melayani masyarakat dengan profesional, bertanggung jawab, memiliki kompetensi tinggi serta siap berkolaborasi demi memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara. 

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas