Tribun Bisnis

Kebijakan Satu Peta Disebut Bisa Percepat Pemulihan Ekonomi

Ekonom INDEF Agus Herta Sumarto mengatakan, Kebijakan Satu Peta dapat mendorong pemulihan ekonomi lebih cepat dengan identifikasi potensi

Penulis: chaerul umam
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Kebijakan Satu Peta Disebut Bisa Percepat Pemulihan Ekonomi
SURYA/PURWANTO
Ilustrasi Warga dari Gapoktan Agrokreatif Sri Rejeki Shinya, Kelurahan Polowijen menunjukan hasil karya buatan sendiri yang dijual di stand Pameran dan Bazar UMKM Polowijen Kreatif Ekonomi Bangkit 2022 di Kelurahan Polowijen, Kota Malang, Jawa Timur. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ekonom INDEF Agus Herta Sumarto mengatakan, Kebijakan Satu Peta (KSP) dapat mendorong pemulihan ekonomi lebih cepat dengan identifikasi potensi ekonomi berdasarkan daerah.

"Misalnya sekarang membuat cluster, UMKM kelas apa, itu harus sesuai dengan keunggulan daerah masing-masing, berdasarkan potensi di daerahnya. Kalau Itu bisa tercapture dengan baik probabilitas yang tinggi, saya kira itu akan bisa mempercepat pemulihan ekonomi dan pembangunan ekonomi yang lebih baik dan cepat lagi," kata Agus kepada wartawan, Rabu (5/10/2022).

Agus menambahkan, peta ini dari sisi ekonomi harus bisa menggambar potensi per daerah dari sisi ekonominya, baik itu sumber daya alam dan sumber daya manusia.

Baca juga: HSBC Summit 2022 Dorong Indonesia ke Jalur Pemulihan Ekonomi Hijau

Nantinya, bukan cuma ekonomi saja yang bergerak, namun juga sektor turunannya.

"Peta ini benar-benar menyentuh semua aspek. Jangan hanya satu sisi saja, kalau bicara ekonomi dan turunannya dan kaitannya , ada pendidikan, tenaga kerja, dan kesehatan, itu sambung menyambung," ucap Agus.

Dengan adanya Kebijakan Satu Peta ini, arah kebijakan pemerintah nantinya akan semakin jelas.

"Karena Selama ini pembangunan itu belum memiliki arah yang clear, bukan hanya ego sektoral, tetapi juga ego kedaerahan. Kita belum tahu secara pasti potensi riil sebuah daerah, sehingga belum bisa membuat skala prioritas program pembangunan," ujarnya.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membuka Rakernas Kebijakan Satu Peta di Jakarta.

Airlangga yang juga Ketua Umum Partai Golkar ini menambahkan, Kebijakan Satu Peta ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Dengan Kebijakan Satu Peta ini, seluruhnya menjadi jelas dan terang benderang, transparan. Tidak ada lagi ego sentris dari masing-masing sektor. Tentu dampaknya pasti pembangunan. Kebijakan Satu Peta juga untuk menuntaskan seluruh persoalan ketimpangan lahan," ucap Menko Airlangga.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas