Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Startup Anda Terintegrasi dengan Cloud Computing? Ini 5 Aspek yang Bisa Anda Hemat!

Sebagai sebuah solusi pintar bagi para pelaku bisnis, cloud computing menghadirkan berbagai manfaat, seperti kemudahan dalam mengakses data.

BizzInsight
zoom-in Startup Anda Terintegrasi dengan Cloud Computing? Ini 5 Aspek yang Bisa Anda Hemat!
Shutterstock
Ilustrasi penggunaan cloud computing 

TRIBUNNEWS.COM - Salah satu teknologi yang banyak digunakan oleh startup adalahcloud computing. Sebagai sebuah solusi pintar bagi para pelaku bisnis, menghadirkan berbagai manfaat seperti kemudahan dalam mengakses data serta penyimpanan data dengan keamanan tingkat tinggi. 

Apa saja aspek yang bisa dihemat oleh para pelaku startup dengan cloud computing? Simak pembahasannya di bawah ini!

1. Menghemat Biaya Hardware




Pemilik tak perlu lagi mengeluarkan biaya berlebih untuk pembelian komputer atau pengelolaan ruang penyimpanan data. Hal tersebut bisa dilakukan secara mudah serta hemat biaya dengan memanfaatkan teknologi cloud computing

2. Menghemat biaya beli atau sewa software

Lewat penggunaan teknologi, para pelaku dapat melakukan efisiensi biaya dengan memanfaatkan jenis layanan(SaaS). Pemanfaatan teknologi tak hanya memudahkan penghematan biaya perawatan. Penggunaan juga mengizinkan pemilik untuk menghemat biaya dalam hal tenaga kerja.  

cloud computing tak hanya menghemat biaya, pemanfaatan teknologi juga memudahkanuntuk menghemat waktu dalam melaksanakan operasionalnya. 

BERITA TERKAIT

Yang terakhir namun tak kalah penting, teknologi pun turut menghadirkan keunggulan dalam hal keamanan penyimpanan data. Penyimpanan data dalam juga ditunjang dengan sistem keamanan yang terjamin dan telah dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan besar di seluruh dunia.

Tak perlu lagi mengeluarkan biaya berlebih untuk menjangkau layanan penyimpanan data yang aman. 

Potensi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia di masa depan

Tencent Cloud International Kenneth Siow
General Manager Singapore and Regional Director (SEA) Tencent Cloud International Kenneth Siow

Dalam wawancara bersama Tribun Network, General Manager Tencent Cloud International, , mendiskusikan tentang kunci penting bagi potensi ekonomi digital Indonesia beserta prediksi akan perkembangan ekonomi digital Indonesia di masa depan. 

Pertumbuhan ini dapat dilihat secara khusus lewat peningkatan PDB di triwulan kedua tahun 2022. Mengutip data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, terjadi pertumbuhan PDB sebesar 5.44 persen (), yang merupakan sebuah peningkatan dari angka 5.01 persen (year on year) di triwulan sebelumnya.

Ia pun menyebutkan bahwa kunci penting yang pertama dalam membentuk tren ekonomi digital di Indonesia sekarang ini adalah kemauan masyarakat Indonesia, terutama untuk mengelola aset dan sarana digital yang dimilikinya. 

Yang ketiga adalah adopsi konektivitas 5G serta kemudahan dalam mengakses perangkat seluler seperti Hal ini menjadi faktor yang mendorong perilaku serta kemauan konsumen dalam memanfaatkan ekonomi digital.  

Di sisi lain, persebaran akses internet di Indonesia masih belum merata. Hal ini tentunya menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi perkembangan ekonomi digital di nusantara.  Kenneth menyebut bahwa hal serupa juga terjadi sebelumnya di Cina, di mana perubahan serta pembangunan setiap daerah memang akan melewati tahapan yang membutuhkan waktu serta perjalanan yang berbeda-beda. 

“Kami melihat peluang besar untuk pertumbuhan di kawasan ini dengan meningkatnya penggunaan teknologi digital. Dengan rangkaian layanan dan pengalaman Tencent Cloud dalam mendorong transformasi digital, kami bertujuan untuk memberdayakan dan mendukung para pelaku usaha dengan platform terbaik agar dapat tumbuh dan membawa dampak positif di kawasan,” ujar Kenneth. 

Kehadiran Tencent Cloud di Indonesia

startup, perlu bekerja sama dengan mitra teknologi yang tepat serta telah berpengalaman dalam bidangnya, seperti Tencent CloudMenyadari besarnya potensi ekonomi digital Indonesia, Tencent Cloud telah menghadirkan dua yang terletak di Jakarta untuk memastikan bahwa data para pengguna layanan dan teknologi dari Tencent Cloud tersimpan dan diproses langsung di Indonesia. 

Business To Consumer gamingMemanfaatkan rangkaian solusi dan pengalaman mendalamnya yang telah terbukti, Tencent Cloud mampu menciptakan dan menghadirkan teknologi dan layanan cloud yang menjawab tantangan unik dan kebutuhan bisnis bisnis Indonesia. Hal ini pada gilirannya akan membantu mengkatalisasi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

cloud content deliveryInfrastructure as a servicePlatform as a Service Software as a ServiceDengan pesatnya pertumbuhan digitalisasi, Tencent Cloud terus menghadirkan inovasi melalui layanan dan teknologinya. Komitmen ini sekali lagi ditunjukkan oleh perusahaan melalui solusi teknologi terbarunya, Tencent Cloud EdgeOne.

Dengan lebih dari 2.800 node akselerasi global di lebih dari 70 negara dan wilayah, Tencent Cloud EdgeOne dapat memberikan kinerja jaringan berkualitas tinggi tanpa mengorbankan keamanan mereka, menjadikannya solusi optimal bagi startup yang ingin mengembangkan bisnis mereka dan memperluas jejak digital mereka di seluruh Indonesia dan bahkan di seluruh Asia Pasifik.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi www.tencentcloud.com

Penulis: Anniza Kemala | Editor: Bardjan

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas