Tribun Bisnis

The Fed Kerek Lagi Suku Bunga 75 Basis Poin, Rakyat AS Rasakan Banyak Dampak Pahitnya

Kenaikan suku bunga oleh Bank sentral Amerika Serikat Federal Reserve bikin suku bunga KPR melonjak dan naiknya suku bunga kredit.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Choirul Arifin
zoom-in The Fed Kerek Lagi Suku Bunga 75 Basis Poin, Rakyat AS Rasakan Banyak Dampak Pahitnya
Ledger Insights
Kenaikan suku bunga oleh Bank sentral Amerika Serikat Federal Reserve memicu meorosotnya daya beli masyarakat AS. 

 

Laporan Wartawan Tribunnews.com  Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON – Bank sentral Amerika, The Fed kembali menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin untuk keempat kalinya berturut - turut, pada pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) yang berlangsung Rabu (2/11/2022).

"Gambaran inflasi menjadi semakin menantang sepanjang tahun ini. Itu berarti kita harus memiliki kebijakan yang lebih ketat, dan itu mempersempit jalan menuju soft landing," kata Jerome Powell, Ketua Federal Reserve Amerika Serikat.

Pengetatan ini menandai langkah terberat The Fed sejak 1980-an, sebelum resmi mengerek suku bunga acuan para pejabat The Fed beberapa kali telah menyerukan sinyal hawkish.

Ini lantaran tingkat inflasi tahunan di AS mengalami peningkatan drastis dari 6,3 di bulan sebelumnya menjadi 6,6 persen pada September 2022.

Khawatir kondisi tersebut kian memburuk mendorong The Fed untuk kembali menyerukan kenaikan suku bunga ke level tertinggi di pertemuan bulan ini.

Meski diklaim dapat mendinginkan laju inflasi Amerika di kisaran dua persen pada akhir tahun nanti. Namun sikap agresif ini ternyata menyebabkan terganggunya sisi penawaran.

Ketika suku bunga naik di atas pertumbuhan ekonomi, maka kesejahteraan masyarakat akan turun.

Baca juga: Harga Minyak Dunia Amblas, Tergelincir Kebijakan Hawkish The Fed

Penurunan kesejahteraan masyarakat akan berdampak negatif bagi tingkat konsumsi, ancaman tersebut tentunya semakin memperdalam penderitaan jutaan bisnis dan rumah tangga AS.

“Sayangnya, ekonomi akan melambat jauh lebih cepat daripada inflasi, tingkat hipotek telah meroket, jalur kredit ekuitas rumah melonjak dan suku bunga pinjaman mobil berada di level tertinggi."

"Jadi kami akan merasakan sakitnya sebelum kami melihat kenaikan,” kata Greg McBride, kepala analis keuangan Bankrate.com.

Baca juga: The Fed Dongkrak Suku Bunga Acuan, Isyaratkan Kenaikan yang Lebih Kecil di Masa Mendatang

Selain memukul sektor bisnis, lantas dampak negatif apa saja yang ditimbulkan dari kenaikan suku bunga acuan The Fed dalam kehidupan masyarakat AS, Simak penjelasan berikut ini.

1. Bunga KPR Melonjak

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas