Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Naval Group dan PT PAL Kolaborasi Kembangkan Mesin Kapal Selam di Indonesia

Naval Group berkomitmen untuk membuat Indonesia mandiri dalam menjaga kedaulatan maritimnya

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Naval Group dan PT PAL Kolaborasi Kembangkan Mesin Kapal Selam di Indonesia
AFP
Foto yang diambil pada tanggal 5 Oktober 2017 ini menunjukkan kapal selam Cakra Indonesia KRI Nanggala berlayar dari pelabuhan di Cilegon, Banten. Naval Group dengan PT PAL Indonesia dan mitra berkolaborasi membentuk Energy Research Lab untuk pengembangan mesin kapal selam di Indonesia 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Naval Group dengan PT PAL Indonesia dan mitra berkolaborasi membentuk Energy Research Lab untuk pengembangan mesin kapal selam di Indonesia

Vice President Naval Group untuk Wilayah India dan Asia-Pasifik, Nicolas de La Villemarqué mengatakan pihaknya menyepakati nota kesepahaman pembentukan lembaga Energy Research Lab untuk membantu menjaga ketahanan laut RI.




“Misi kami adalah membangun kemitraan jangka panjang dengan Indonesia di sektor kapal selam, baik itu di tahap pembangunan maupun tahap pemeliharaan, serta bekerjasama di bidang litbang,” kata Nicolas dikutip Jumat (4/11/2022).

Baca juga: Gertak Amerika, Rusia Uji Coba Kapal Selam Nuklir Generalissimo Suvorov 

Ia menjaskan lembaga ini nantinya akan mengumpulkan para ahli yang berasal dari industri maupun universitas.

Naval Group berkomitmen untuk membuat Indonesia mandiri dalam menjaga kedaulatan maritimnya, serta membuat dampak positif berupa penciptaan lapangan kerja berkualitas tinggi dalam jangka panjang.

Beberapa para pemangku kepentingan di Indonesia,  termasuk akademisi, ilmuwan, dan para mitra industri telah diidentifikasi untuk berkontribusi membangun mesin kapal selam terkini di Indonesia. 

BERITA TERKAIT

Talenta lokal berbakat ini akan melakukan rangkaian penelitian dan pengembangan terhadap berbagai topik, seperti pengembangan baterai Li-Ion generasi terbaru dan jaringan listrik tanam.

CEO PT PAL Indonesia, Dr. Kaharuddin Djenod mengetahui bahwa Naval Group merupakan perusahaan yang memiliki alutsista terkemuka dunia, khususnya kapal selam kelas Scorpène.

Baca juga: Indonesia Berhasil Mengarusutamakan Isu Kapal Selam Bertenaga Nuklir dalam Pertemuan di Markas PBB

Kata Kaharuddin, kerjasama strategis dengan Naval Group ini akan memberikan manfaat bagi Indonesia, khususnya PT PAL Indonesia dalam penguasaan teknologi pertahanan. 

“Dengan adanya dukungan pemerintah, kelak Indonesia akan memiliki kemampuan teknologi pembangunan kapal selam secara mandiri, tidak hanya terbatas pada satu jenis kapal selam, yang setara dengan negara maju.” ujar dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas