Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Menko Airlangga Hartarto: Kerja Sama Publik dan Swasta Kunci Hadapi Tantangan Global 

Kemitraan sektor publik dan swasta yang didukung dengan pemanfaatan berbagai inovasi, akan menjadi fondasi dalam memperkuat arsitektur ekonomi

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Menko Airlangga Hartarto: Kerja Sama Publik dan Swasta Kunci Hadapi Tantangan Global 
istimewa
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, kerjasama sektor publik dan swasta merupakan kunci dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Transformasi pada berbagai sektor menjadi salah satu kunci dalam menghadapi tantangan global saat ini dengan memanfaatkan peluang, revolusi industri 4.0, artificial intelligence, serta berbagai inovasi lain. 

Dalam mendukung upaya transformasi tersebut, dibutuhkan kerja sama berbagai pihak, termasuk dengan melakukan penguatan kemitraan antara sektor publik dan swasta atau public private partnership. 

“Pemerintah harus menunjukkan kepemimpinan dalam menanggapi tantangan di masa depan melalui kemitraan publik-swasta yang lebih kuat untuk menjadi aksi konkret dari kebijakan,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara Business20 (B20) Summit di Bali, Senin (14/11/2022).

Baca juga: Menko Airlangga Dorong KEK NDP Menjadi Jembatan Indonesia Menuju Digital Connectivity

Dalam kesempatan tersebut, Airlangga mengapresiasi B20 yang mencakup lebih dari 41 negara dalam mengedepankan pentingnya keberadaan ekonomi inklusif. 

Forum B20 merupakan satu di antara engagement group dalam Forum G20, yang terdiri dari komunitas bisnis internasional dan merefleksikan peran sektor swasta sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi. 

Menurut Airlangga, kemitraan sektor publik dan swasta yang didukung dengan pemanfaatan berbagai inovasi, akan menjadi fondasi dalam memperkuat arsitektur ekonomi pasca pandemi. 

BERITA REKOMENDASI

Upaya tersebut juga diharapkan mampu menyediakan solusi bagi berbagai isu strategis, mulai dari ketahanan pangan hingga transisi energi yang terjangkau dan adil.

Baca juga: Menko Airlangga Paparkan Kesiapan Indonesia Menjadi Ketua ASEAN 2023

“Dengan kemitraan ini, kami berharap ekonomi Indonesia dapat tumbuh 5,4 persen pada 2022, jauh lebih tinggi dari perkiraan awal berbagai organisasi global.  Pada kuartal III 2022, kami bahkan tumbuh 5,72 persen year on year," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas