Tribun Bisnis

Waspada Penipuan Link Palsu dengan Tampilan BCA mobile, Nasabah BCA Wajib Tahu!

Waspada terhadap modus penipuan yang sedang ramai, yaitu phising dengan tampilan layar yang menyerupai BCA mobile, Begini caranya!

zoom-in Waspada Penipuan Link Palsu dengan Tampilan BCA mobile, Nasabah BCA Wajib Tahu!
dok. BCA
Ilustrasi link palsu dengan tampilan BCA mobile 

TRIBUNNEWS.COM - Industri perbankan terus berkembang seiring dengan meningkatnya akses internet di Indonesia. Beragam produk dan fitur perbankan hadir untuk memudahkan nasabah bertransaksi online. Selain pengembangan dari sisi layanan, perbankan juga sudah menerapkan sistem keamanan secara maksimal, namun banyak oknum yang masih memanfaatkan celah untuk melakukan penipuan online. Maka dari itu, dibutuhkan kerjasama dan kesadaran dari setiap nasabah untuk menjaga keamanan data rahasia perbankan agar terhindar dari modus penipuan.

Salah satu modus yang sedang ramai adalah phising atau menggunakan link palsu dengan tampilan layar yang menyerupai BCA mobile.

Tujuan para penipu membuat link palsu dengan tampilan menyerupai BCA mobile ini, tidak lain adalah untuk mengelabui si calon korban. Dengan begitu, calon korban yang tidak berhati-hati akan terkecoh dan tidak menyadari bahwa tautan yang dikunjunginya adalah halaman BCA mobile yang palsu.

Selama ini, BCA selalu mengingatkan nasabahnya untuk selalu berhati-hati terhadap modus penipuan tersebut. Agar kamu terhindar dari jenis penipuan ini, pahami modus penipuan berikut ya!

Modus penipuan dengan menggunakan link palsu dengan tampilan BCA mobile 

Seperti apa sih metode penipuan dengan link palsu tampilan BCA mobile ini? Pertama-tama, umumnya penipu akan menelepon nasabah dengan menggunakan nomor yang mirip dengan nomor resmi Halo BCA.

Nomor resmi Halo BCA adalah 1500888, dan para penipu ini menggunakan nomor yang serupa, namun diawali dengan angka lain seperti 021, +62, 02, dan sejenisnya.

Ilustrasi link palsu dengan tampilan BCA mobile
Ilustrasi link palsu dengan tampilan BCA mobile (dok. BCA)

Si penipu lalu akan mengaku sebagai petugas Halo BCA dan melakukan manipulasi psikologis pada korban, misalnya dengan mengatakan bahwa terdapat transaksi mencurigakan di rekening nasabah atau ada pembelian pulsa dengan nominal yang cukup besar.

Jika kamu merasa tidak pernah melakukan transaksi tersebut, pastinya kamu sebagai nasabah akan kaget dan panik bukan? Di sinilah penipu melancarkan manipulasi psikologisnya. Selanjutnya, ia akan berpura-pura menawarkan bantuan pembatalan transaksi dan pemblokiran secara online di BCA mobile melalui link palsu yang dikirimkan lewat SMS.

Contoh link palsu yang dikirimkan misalnya adalah link-block.online/bank-bca/. Saat kamu mengaksesnya, sekilas mungkin kamu akan terkecoh karena jika mengunjungi link palsu tersebut akan mengarahkan ke tampilan halaman yang menyerupai aplikasi BCA mobile resmi.

Waspada, karena link tersebut ditujukan untuk mengelabui calon korban agar mau mengisi data-data pribadi perbankan seperti nomor kartu ATM, PIN dan kode OTP. Di sinilah kamu harus berhati-hati!

Kenali Kontak Resmi BCA untuk hindari penipuan

Modus penipuan dengan link phising ini memang dapat menargetkan siapa saja. Karenanya, pastikan kamu selalu waspada. Agar terhindar dari modus penipuan tersebut, kamu juga perlu mengenal dan mengingat kontak resmi BCA.

Nomor telepon resmi Halo BCA adalah 1500888, tanpa awalan 021, +62, ataupun angka lain. Agar nomor dapat terlihat jelas, ada baiknya jika kamu tidak menyimpan nomor Halo BCA di kontak smartphone.

BCA juga memiliki nomor WhatsApp resmi, yaitu 08111500998. Ciri-ciri dari nomor WhatsApp resmi BCA adalah memiliki tanda centang hijau di samping nomor atau nama kontak, bukan di dalam profile picture.

Jika nomor tidak sesuai dengan nomor di atas dan/atau tidak memiliki ciri centang hijau tersebut, dapat dipastikan itu adalah WhatsApp palsu.

Jangan mudah panik atau senang dengan informasi yang diterima

Saat menerima informasi yang menggembirakan ataupun mencemaskan melalui SMS maupun sarana online lain, ada kalanya nasabah cepat merasa panik ataupun senang.

Namun, kamu perlu berhati-hati karena kemungkinan besar pemberi informasi tersebut adalah oknum tidak bertanggung jawab yang melancarkan modus penipuan. Agar tidak tertipu, pertama-tama kamu perlu memahami situasinya terlebih dahulu.

Jangan mudah terpancing untuk mengklik link atau tautan yang dikirimkan lewat sarana apapun, termasuk link dengan tampilan yang menyerupai BCA mobile. Yang tak kalah penting, pastikan kamu selalu mengakses BCA mobile melalui aplikasi resmi dan bukan dengan mengklik link jenis apapun.

Jaga kerahasiaan data pribadi perbankan, jangan share ke siapa pun

Pertama, kode OTP (One Time Password) adalah kode yang digunakan untuk bertransaksi online. Ingat! Kode OTP bukanlah kode promo, pembebasan iuran tahunan, pembatalan transaksi, blokir kartu kredit, ataupun kenaikan limit.

Ilustrasi link palsu dengan tampilan BCA mobile
Ilustrasi link palsu dengan tampilan BCA mobile (dok. BCA)

Kemudian, selalu jaga kerahasiaan data pribadi seperti Nomor ATM, PIN, CVV/CVC, OTP dan lain-lain. Jangan pernah berikan data-data tersebut ke siapapun melalui sarana apapun!

Terakhir, jika kamu terjebak dalam situasi penipuan, kamu bisa segera melakukan pembatalan transaksi sendiri dengan memanfaatkan fitur m-Admin di aplikasi BCA mobile.

Untuk mengetahui cara mudah dan aman blokir kartu debit atau kartu kredit di BCA mobile, kamu dapat mengunjungi link ini.

Nah, itu dia informasi lengkap yang perlu kamu ketahui terkait modus penipuan menggunakan link palsu yang menyerupai tampilan BCA mobile. Pastikan untuk mengingat dan melakukan hal-hal di atas agar kamu senantiasa terhindari dari penipuan ya!

Selalu cari tahu biar aman di bca.co.id/awas modus. Informasi lengkap tentang modus penipuan ini, cek di sini.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas