Tribun Bisnis

Badai PHK

Plaid Lakukan Perampingan, 260 Karyawan Telah Dirumahkan

Plaid menawarkan tunjangan pesangon termasuk gaji 16 minggu atau setara dengan enam bulan uang tunai untuk membayar premi asuransi kesehatan

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Plaid Lakukan Perampingan, 260 Karyawan Telah Dirumahkan
Plaid
Plaid 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA – Plaid, perusahaan jasa keuangan yang berbasis di San Francisco, AS pada Rabu (7/12/2022) mengumumkan pemangkasan terhadap 260 karyawan atau sekitar 20 persen dari total stafnya.

Dilansir dari Forbes, perusahaan yang telah didirikan sejak Mei 2013, hingga saat ini mempunyai 7.000 pelanggan dan pada April 2021 lalu tercatat memiliki valuasi 13,4 miliar dolar AS. Hal ini menjadikannya salah satu perusahaan fintech swasta paling bernilai di Amerika.

Selama setahun terakhir, pemutusan hubungan kerja (PHK) telah melanda hampir setiap perusahaan fintech yang berkembang pesat, mulai dari pemimpin industri seperti raksasa pembayaran Stripe dan bank digital Chime hingga perusahaan rintisan yang lebih kecil seperti aplikasi transfer uang Afrika Chipper Cash.

Baca juga: Pernah Didanai Temasek, Perusahaan Kripto Amber Group PHK Ratusan Karyawan

“Covid memicu pertumbuhan pesat dalam bisnis Plaid, dan merekrut secara agresif untuk memenuhi permintaan. Namun, kondisi ekonomi makro telah berubah, dan Plaid sekarang melihat pertumbuhan yang lebih lambat dari perkiraan di antara perusahaan jasa keuangan,” kata Zach Perret, CEO Plaid, dalam sebuah memo yang dibagikan kepada karyawan yang terkena dampak PHK.

“Laju pertumbuhan biaya kami melampaui laju pertumbuhan pendapatan kami. Saya membuat keputusan untuk merekrut dan berinvestasi sebelum pertumbuhan pendapatan, dan perlambatan ekonomi saat ini membuat pertumbuhan pendapatan ini tidak terwujud secepat yang diharapkan,” imbuhnya.

Untuk karyawan yang terkena dampak PHK, Plaid menawarkan tunjangan pesangon termasuk gaji 16 minggu atau setara dengan enam bulan uang tunai untuk membayar premi asuransi kesehatan.

Ini adalah paket yang mirip dengan apa yang ditawarkan Stripe bulan lalu ketika memberhentikan 1.000 karyawannya, atau sekitar 14 persen staf perusahaan.

Baca juga: Rugi Membengkak, BuzzFeed PHK 12 Persen Karyawan

Dalam perampingan itu, Stripe menawarkan gaji 14 minggu atau setara dengan gaji 6 bulan guna membayar premi perawatan kesehatan yang ada.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas