Tribun Bisnis

Hanggar FL Technics di Vilnius: Setiap Pesawat yang Terbang Dipastikan Telah Kondisi Prima

Karyawan yang bekerja di hanggar Vilnius pun tak sampai 100 orang. Mereka bekerja dibagi tiga tim yang masing-masing tim memiliki 15 orang pekerja.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Hanggar FL Technics di Vilnius: Setiap Pesawat yang Terbang Dipastikan Telah Kondisi Prima
Igman Ibrahim/Tribunnews.com
FL Technics Base Maintenance Representative, Tadas Raskevicius saat berbincang di Hanggar FL Technics di Vilnius, Lithuania pada Kamis (8/12/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, LITHUANIA - Jasa maintanance, repair and overhaul (MRO) atau perawatan, perbaikan, dan servis berat merupakan salah satu hal yang penting di dalam bisnis dunia penerbangan. Hal ini menyangkut kepentingan keselamatan dalam setiap penerbangan.

Seperti yang dilakukan perusahaan jasa maintenance repair and overhaul (MRO) asal Lithuania, FL Technics. Salah satu perusahaan bisnis aerospace terbesar di Eropa tersebut menjadikan keselamatan menjadi hal yang terpenting.

Tribunnews.com juga telah mendatangi salah satu hanggarnya yang berada di Vilnius, Lithuania pada Kamis (8/12/2022). Letak hanggarnya juga cukup strategis lantaran berdekatan dengan Bandar Udara Internasional Vilnius.

Baca juga: Melihat Hanggar Milik FL Technics di Kaunas, Bisa Tampung 4 Pesawat Airbus Hingga Boeing

FL Technics Base Maintenance Representative, Tadas Raskevicius menyampaikan bahwa aspek keselamatan merupakan hal yang terpenting dalam setiap perbaikan pesawat yang masuk ke dalam hanggar.

Karena itu, kata Tadas, setiap pesawat yang masuk ke hanggar akan diperiksa setiap komponennya tidak dalam kondisi rusak. Harapannya, setiap pesawat yang terbang telah dalam kondisi aman dan layak terbang.

"Disini bukan hanya memperbaiki yang rusak tapi memastikan apapun kompenen di dalam pesawat dalam kondisi prima. Kita ingin memastikan bahwa setiap pesawat yang disini bisa terbang dalam kondisi aman," kata Tadas saat berbincang di hanggar FL Technics di Vilnius, Lithuania pada Kamis (8/12/2022).

Tadas menuturkan bahwa hanggarnya disebut bisa menampung 3 pesawat berbadan sempit dengan berbagai jenis. Namun, dia mengakui hanggarnya lebih kecil dari hanggar FL Technics di Kaunas maupun di Bandara Soekarno-Hatta, Indonesia.

Ia menerangkan, karyawan yang bekerja di hanggar Vilnius pun tak sampai 100 orang. Mereka bekerja dibagi tiga tim yang masing-masing tim memiliki 15 orang pekerja.

"Jadi ada dua shift. 3 hari kerja dan 3 hari masuk yang dibagi tiga tim dan setiap tim ada 15 orang," jelasnya.

Tadas memastikan setiap pekerjaan yang dilakukan oleh timnya dilakukan secara professional dengan mengedepankan aspek keselamatan. Karena itu, setiap kerusakan dalam pesawat nantinya akan dilaporkan kepada pihak maskapai.

Baca juga: FL Technics Indonesia Lakukan Perawatan dan Perbaikan Airbus A320neo

"Perbaikan itu sebenarnya tergantung kesapakatan pihak maskapai. Kalau ada kerusakan lain ya nanti kita bilang kepada maskapainya. Kalau misal ada kerusakan di ban, tapi maskapai tidak tau. Ya nanti kami kasih tau kepada maskapai terkait kerusakan tersebut," tukasnya.

Sebagai informasi, Perusahaan jasa MRO asal Lithuania, FL Technics juga telah mengekspansi Indonesia seiring dengan pertumbuhan bisnis dan memperluas target pasar. FL Technics mulai beroperasi di Indonesia dengan nama PT Avia Technics Dirgantara pada 2015.

Adapun FL Technics Indonesia memiliki hanggar di Bandara Internasional Soekarno Hatta. Tak butuh waktu lama, FL Technics Indonesia mulai menarik perhatian maskapai dalam maupun luar negeri untuk melakukan pengecekan dan perbaikan pesawat di dekat Terminal 2 bandara tersebut.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas