Tribun Bisnis

6 Tahun Beroperasi, FL Technics Ungkap Ekspansi Bisnis MRO ke Indonesia Sudah Mencapai Target

FL Technics akan melebarkan bisnisnya dengan membuka hanggar di Bali. Nilai investasi yang digelontorkan mencapai 40 juta dollar AS.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Sanusi
zoom-in 6 Tahun Beroperasi, FL Technics Ungkap Ekspansi Bisnis MRO ke Indonesia Sudah Mencapai Target
Igman Ibrahim/Tribunnews.com
Presiden Direktur FL Technics Indonesia, Martynas Grigas 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, LITHUANIA - FL Technics mengungkap ekspansi bisnis jasa maintenance, repair and overhaul (MRO) atau perawatan, perbaikan, dan servis berat ke Indonesia telah mencapai target perseroan. Perusahaan asal Lithuania ini pun berencana melebarkan bisnisnya.

Hal itu diungkapkan oleh Presiden Direktur FL Technics Indonesia, Martynas Grigas.

Menurutnya, keuntungan yang diterima perseroan pun disebut sudah sangat baik jika tidak terdampak pandemi Covid-19.

Baca juga: Hanggar FL Technics di Vilnius: Setiap Pesawat yang Terbang Dipastikan Telah Kondisi Prima

"Jika kita tidak mengakumulasi saat masa pandemi itu sudah sangat baik dan sesuai dengan target. Karena orang Indonesia punya kemampuan teknisi yang baik, mudah diajarkan, dan kemauan belajarnya tinggi. Orang Indonesia punya pengetahuan yang bagus dan di luar ekspektasi saya," kata Martynas saat ditemui dalam acara Avia Solution Group Annual Meeting di Vilnius, Lithuania pada Jumat (9/12/2022).

Martynas menjelaskan bahwa pihaknya baru mulai melakukan ekspansi ke Indonesia sejatinya sejak 2014. Namun, pihaknya baru memulai menyewa hanggar di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta pada 2015.

Tak butuh waktu lama, Martynas menyatakan bahwa pihaknya langsung mendapatkan pelanggan pertama pada 2016. Dengan begitu, total pihaknya baru beroperasi dalam 6 tahun terakhir.

"Pelanggan pertama kita mulai pada 2016. Jadi sebenarnya 6 tahun kita mulai beroperasi. Pertama kali, kami menginvestasikan 15 juta dollar AS," jelasnya.

Baca juga: Melihat Hanggar Milik FL Technics di Kaunas Lithuania, Bisa Tampung 4 Pesawat Airbus Hingga Boeing

Martynas menyatakan keputusan untuk melakukan ekspansi bisnis ke Indonesia merupakan keputusan yang tepat. Alasannya, sumber daya manusia (SDM) hingga regulasi yang mendukung para pebisnis.

"Setelah beberapa tahun saya bisa melihat ini merupakan keputusan yang tepat. Karena orangnya, budayanya, kemampuan pekerjanya, regulasinya dan saya mengatakan ini merupakan pilihan yang tepat untuk memilih Indonesia," ungkapnya.

Oleh karena itu, kata Martynas, FL Technics pun akan melebarkan bisnisnya dengan membuka hanggar di Bali. Nilai investasi yang digelontorkan mencapai 40 juta dollar AS.

Dengan nilai itu, Martynas menjelaskan bahwa hanggar yang bakal dibuat di Bali pun akan tiga kali lipat lebih besar dari hanggar FL Technics di Jakarta.

"Karena itu, kami ingin mengekspansi lagi hanggar di Bali dan membuka lebih tiga kali lebih besar hanggar dari Jakarta. Di Bali kita merencanakan investasikan 25 juta dollar AS," pungkasnya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas