Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pabrik C02 Cair dengan Kapasitas 50 Ribu Ton Mulai Dibangun di Bontang

PT Rekayasa Industri (Rekind) mendapat kepercayaan dari PT Kaltim Parna Industri (KPI) untuk membangun pabrik karbon dioksida (CO2) cair

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Pabrik C02 Cair dengan Kapasitas 50 Ribu Ton Mulai Dibangun di Bontang
istimewa
PT Rekayasa Industri (Rekind) mendapat kepercayaan dari PT Kaltim Parna Industri (KPI) untuk membangun pabrik karbon dioksida (CO2) cair 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Rekayasa Industri (Rekind) mendapat kepercayaan dari PT Kaltim Parna Industri (KPI) untuk membangun pabrik karbon dioksida (CO2) cair di Kota Bontang, Kalimantan Timur.

Direktur Utama Rekind Triyani Utaminingsih mengatakan, kapasitas pabrik karbon dioksida cair yang akan dibangun Rekind ini mencapai 50 ribu ton per tahun.

"Rekind sudah menyelesaikan lebih dari 146 proyek melalui dukungan talenta sekitar 1.000 engineer terbaiknya. Apapun situasi yang tengah dihadapi, Rekind tidak pernah sekalipun meninggalkan tanggungjawab terhadap pelaksanaan kegiatan proyek yang dikerjakannya," ucap Triyani dalam keterangannya, Senin (19/12/2022).

Baca juga: Rekind Sukses Antarkan Proyek JTB Alirkan Gas Perdana

Menurutnya, Rekind akan memberikan jasa pembangunan proyek bagi kepentingan KPI sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku serta tertuang dalam perjanjian kerjasama.

“Dalam proyek ini Rekind tidak hanya fokus melaksanakan kegiatan EPC, tetapi juga akan membantu KPI untuk mengembangkan usahanya serta memberikan masukan atau ide hilirisasi agro based industry,” tegasnya.

Pada tahun lalu, Rekind telah menjalin aliansi strategis, baik mitra lokal maupun internasional.

BERITA TERKAIT

Tujuannya untuk meningkatkan daya saing dan nilai tambah. Kerjasama ini dilakukan berdasarkan atas basis proyek atau jadwal (project based period based).

Upaya mendongkrak nilai tambah tersebut pernah dilakukan Rekind dengan BASF, produsen bahan kimia ternama di dunia.

BASF pemilik teknologi proses dari Jerman. Teknologi ini menggunakan teknik pemisahan CO2 secara absorbsi kimiawi dengan sistem MDEA.

Pihak BASF memberikan lisensi penggunaan teknologi removal kepada Rekind untuk bisa ikut serta dalam tender proyek pembangunan pabrik CO2 removal dan proyek-proyek petrokimia lainnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas