Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Menteri Perhubungan Larang Kapal Ukuran Kecil Beroperasi saat Periode Libur Natal dan Tahun Baru

Budi Karya Sumadi menyatakan, pihaknya sudah membahas dengan PT ASDP Indonesia Ferry terkait persiapan libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru)

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Menteri Perhubungan Larang Kapal Ukuran Kecil Beroperasi saat Periode Libur Natal dan Tahun Baru
Tribunnews.com/Yanuar R Yovanda
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kantor Utama PT Jasa Marga Cikampek Utama, Jawa Barat, Jumat (23/12/2022).  

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, pihaknya sudah membahas dengan PT ASDP Indonesia Ferry terkait persiapan libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) di sektor kapal penyeberangan. 

Budi Karya Sumadi mengatakan, mitigasi yang dilakukan adalah terkait cuaca, jalan, jumlah pelabuhan, dan jenis kapal yang digunakan tidak boleh ukuran kecil dan kecepatan rendah atau lambat. 




"Saya mengingatkan lagi kepada pak dirjen darat, untuk mengintruksikan mulai besok kapal yang digunakan adalah kapal besar dan kecepatan tinggi. Kita tahu kalau kapal kecil dan kecepatan rendah labil kalau ada gangguan cuaca, kalau kapal lebih besar mendapatkan kestabilan lebih baik dan kapasitas lebih baik," ujarnya di Kantor Utama PT Jasa Marga Cikampek Utama, Jawa Barat, Jumat (23/12/2022). 

Baca juga: Hati-hati Saat Nataru, Kepala BMKG Beberkan 3 Titik Rawan Bencana di Sekitar Tol Cipali

Budi Karya menyampaikan, sebenarnya sejak rapat koordinasi persiapan Natal dan tahun baru sudah disampaikan hal tersebut kepada jajarannya. 

"Saya tidak tahu apa sudah dilakukan, besok saya dan menteri PMK akan kunjungi Bakauheni dan Merak untuk menyaksikan apa yang dilakukan. Banyak improvement dari ticketing, tapi belum efektif, saya lihat harus jauh daripada titik keberangkatan mereka," katanya. 

Lebih lanjut, dia menambahkan, ada tiga pelabuhan di Pulau Jawa yang harus dimaksimalkan pada periode libur Natal dan tahun baru kali ini. 

Baca juga: Kepala BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat saat Periode Libur Natal dan Tahun Baru

BERITA TERKAIT

"Pelabuhan kita ada tiga di sisi Pulau Jawa, ada Indah Kiat, tapi akan lebih produktif Ciwandan karena berada sebelum Merak, sehingga bisa memecah lalu lintas. Bisa diadakan lima dermaga, sehingga kapal-kapal tidak ke Bakauheni, tapi Ciwandan, jadi pengalaman buruk kita pada saat Lebaran di Merak-Bakauheuni tidak terjadi," ujar Budi Karya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas