Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Perbarindo Serahkan Bantuan Modal Kerja untuk Korban Gempa Cianjur

Bantuan modal kerja bagi pelaku UMKM diberikan kepada pedagang asongan dan warung klontongan di wilayah Cianjur.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Perbarindo Serahkan Bantuan Modal Kerja untuk Korban Gempa Cianjur
TRIBUNNEWS.COM/IST/HO
Ilustrasi. Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia [Perbarindo] menyalurkan bantuan tahap kedua untuk para korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Desember 2022 ini senilai total Rp 250 juta. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia [Perbarindo] menyalurkan bantuan tahap kedua untuk para korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Desember 2022 ini senilai total Rp 250 juta.

Bantuan didistribusikan ke warga di Desa Cibulakan, Cianjur, mencakup perlengkapan sekolah seperti seragam dan alat tulis, laptop, printer dan jaket untuk guru serta siswa di SDN Cibulakan.

Perbarindo juga menyerahkan bantuan modal kerja bagi pelaku UMKM, pedagang asongan dan warung klontongan di wilayah tersebut.

Baca juga: Menteri Agama Serahkan Rp 34,7 Miliar Bantuan ASN Kemenag untuk Korban Gempa Cianjur

“Perbarindo bersyukur bisa terus berbagi masyarakat yang terdampak bencana, kegiatan ini terus kami lakukan bukan hanya disini tapi telah kami lakukan pada berbagai daerah lainnya. Semangat ini terus kami jaga dan pelihara, karena BPR – BPRS hadir sebagai mitra bagi Masyarakat dan Pelaku UMKM," kata Ketua Umum DPP Perbarindo Tedy Alamsyah.

Tedy mengatakan, bantuan yang hampir sama juga didistribusikan kepada perangkat Desa Cibulakan berupa jaket, printer dan laptop. Sedangkan untuk warga di desa tersebut, distribusi bantuan berwujud paket sembako, terpal tenda, tikar, sarung dan dana operasional untuk masjid.

Dia juga menjelaskan, penyerahan bantuan ini merupakan tahap kedua yang disalurkan Perbarindo, sebelumnya telah dilakukan pada 6 Desember 2022. Seluruh bantuan yang disalurkan di tahap II seluruhnya berasal dari para pelaku industri BPR – BPRS anggota Perbarindo di seluruh Indonesia.

BERITA TERKAIT

"Kami berharap semoga apa yang kami perbuat ini, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang terdampak dan meringankan dalam menghadapi cobaan ini,” ujarnya.

Dia menambahkan, kegiatan sosial semacam ini juga merupakan bagian dari tanggungjawab sosial Perbarindo di bidang kebencanaan.

“Kami Perbarindo selalu berusaha memberikan kontribusi positif kepada masyarakat jika ada kebencanaan seperti ini,” ujar Tedy.

Dadi Sumarsana, Ketua DPD Perbarindo Jawa Tengah menyampaikan, pihaknya selalu mendukung program kerja DPP Perbarindo. "Kami sengaja datang langsung kesini memberikan semangat kepada masyarakat yang terdampak dan menyerahkan bantuan dari anggota kami di Jawa Tengah,” ujar Dadi.

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Ketua Umum Perbarindo Tedy Alamsyah bersama Gede Hartadi, Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan Perbarindo dan diikuti Dadi Sumarsana, Ketua DPD Perbarindo Jawa Tengah dan Andi Gunawan, Ketua DPD Perbarindo Jawa Barat serta pengurus BPR di Kabupaten Cianjur.

Saat ini, Perbarindo memiliki 24 Dewan Pengurus Daerah (DPD) di tingkat provinsi dan 48 Dewan Pengurus Komisariat (DPK) di tingkat kabupaten dan kota dengan jumlah anggota sebanyak 1.558 BPR-BPRS yang tersebar dari Aceh hingga Papua.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas